What I'm Doing to Be More Eco-Friendly This Year

What I'm Doing to Be More Eco-Friendly This Year

As some might say: small changes do make a big difference...

Sekarang kayaknya lagi tren banget yang namanya eco-friendlywhich is great since it's very important — terutama setelah media ikut meramaikan dengan menyorot berbagai masalah yang sudah menimpa planet yang kita tinggali ini: mulai dari perubahan iklim, penumpukan limbah, sampai kebakaran hutan. Rasanya jadi amat bersalah kalau nggak ikutan mengubah gaya hidup untuk lebih peduli lingkungan, apalagi mengingat bumi adalah rumah kita.

Living a more sustainable life is actually something that has been on my mind for a while, meski saya belum bisa menyebut diri saya adalah seorang yang passionate di bidang environment atau bahkan seorang aktivis lingkungan. Saya baru ingin mengubah beberapa kebiasaan dan bagian aspek kecil hidup saya untuk lebih meminimalisir limbah dan lebih peduli terhadap bumi. Yang saya lakukan ini masih level beginner dan simpel banget sih, tapi saya percaya memulai dari hal-hal kecil lebih baik daripada tidak sama sekali. Ke depannya tentu aja saya ingin bisa merambah ke perubahan-perubahan yang lebih besar agar bisa lebih menghargai lingkungan. Mungkin sejumlah hal kecil berikut ini bisa menginspirasi kamu juga untuk ikutan...

eco-eco-friendly-garbage-1933386.jpg

How I’m Trying to be More Eco-Friendly

Avoiding plastic. Saya udah nonton banyak banget documentary dan video tentang dampak plastik terhadap lingkungan. Yang paling bikin saya sedih dan marah sih video ini (warning: contains graphic content that some may find disturbing). Setelah lihat itu, saya langsung ogah pakai sedotan plastik lagi — tiap lihat sedotan plastik pasti langsung meringis karena ingat si kura-kura. Ini adalah langkah paling pertama yang saya ambil untuk menjadi lebih eco-friendly. Habis itu lanjut ke stop purchasing barang-barang yang dikemas plastik sekali pakai, termasuk makanan dan minuman.

Considering eco-friendly beauty swaps. Nah, ini aspek yang sejujurnya paling sulit buat saya: kecantikan dan perawatan tubuh. Sejauh ini saya masih belum bisa meninggalkan produk-produk ber-packaging plastik (karena kulit saya agak rese, produknya harus yang cocok, huhu). Tapi sebisa mungkin saya melakukan sesuatu di aspek yang berhubungan, kayak mengganti kapas sekali pakai dengan reusable cotton pad dan mengganti krim pelembap kesayangan yang berkemasan plastik dengan produk oil yang berkemasan botol kaca dan lebih ramah lingkungan. Untuk makeup, saya jujur belum ketemu alternatifnya sih, tapi saya suka produk-produk The Body Shop yang gerainya masih mau menerima kemasan kosong produknya untuk di-recycle.

close-up-cuisine-delicious-1373915.jpg

Being mindful about my clothing. Sudah baca cerita saya bongkar lemari atau mempraktikkan metode decluttering and organizing ala KonMari? Setelah lebih aware terhadap lingkungan, saya jadi makin menghindari boros dan kalap kalau belanja. Tentunya juga lebih pilih-pilih lagi kalau mau beli sesuatu, terutama baju. Kalau ada pakaian yang udah nggak terpakai tapi masih layak pakai, saya bakal memastikan pakaian-pakaian itu digunakan kembali — entah didonasikan atau dijadikan kain lap (hehe). Karena membuang barang dan menimbun barang di rumah sama-sama nggak baik untuk lingkungan. Ke depannya, saya ingin lebih pilih-pilih pakaian berdasarkan bahan kainnya — yang lebih organik dan sustainable tentunya.

Prioritizing sustainable options. Seperti yang saya berusaha lakukan pada aspek kecantikan dan perawatan tubuh, saya juga berusaha mencari berbagai alternatif yang lebih ramah lingkungan dalam aspek-aspek kehidupan saya yang lainnya. Beberapa di antaranya rajin bawa reusable shopping bag dan tempat minum sendiri kalau ke mana-mana, ganti sedotan dan peralatan makan plastik dengan metal utensils, pakai sikat gigi berbahan ramah lingkungan, dan beralih ke produk-produk yang bisa di-refill atau recharge. Bahkan kalau beli es kopi susu atau jajan makanan juga sebisa mungkin saya bawa gelas atau piring sendiri dari kantor. Pokoknya saya usahain banget diri saya untuk nggak menambah sampah, terutama sampah plastik.

apples-delicious-food-1992912.jpg

Do you have any other simple eco-friendly tips or sustainable alternatives for me to try?

Images by Lisa Fotios from Pexels

Sign-up to my bi-weekly newsletter (coming soon!) here, or follow me via Bloglovin here. Get your free 2019 printable calendar here!