Tips for Online Shopping This Holiday Season & Where to Start

Tips for Online Shopping This Holiday Season & Where to Start

Your guide to ace the busy holiday shopping season…

Siapa, nih, yang sudah belanja di musim liburan penghujung tahun ini? I definitely raise my hand here since I have to deal with many Secret Santas and other Christmas gifts. Saya hanya belum sempat belanja untuk diri sendiri, soalnya masih menunggu dikadoin (perks of having birthday on a Christmas month, eh?). Namanya juga usaha, ya, hehe. Tapi ngomongin soal belanja akhir tahun, how’s it hanging? How do you handle the festive season and its endless shopping offers?

Holiday season memang beda dari musim-musim belanja lainnya—mengingat ini nggak hanya dalam rangka Natal, tapi juga menyambut tahun baru. Karena itu, promonya lebih gila-gilaan: you would see cleaning sale, cuci gudang, dan promo lainnya yang menjadi puncak semarak belanja tahun ini. Nggak cuma offline, tapi juga online. Apalagi sejak belanja online menjadi sebuah tren yang sudah diterima masyarakat ini, makin banyak promo online yang mengajak pelanggan untuk belanja online. Lalu, bagaimana menghadapinya? Is it really the time to spend all of your money? Or be the wise man with everything? Simak tips belanja online di holiday season ini, yuk—all based on my own experience!

Tips for Online Shopping This Holiday Season

Buat daftar barang yang ingin dibeli. Ini agar belanjanya nggak gampang kalap dan malah impulsif. Dengan membuat daftar, kita jadi tahu apa yang benar-benar ingin dibeli dan setidaknya berpikir untuk stick to the list terlebih dahulu, sebelum ngiler dengan barang-barang lainnya. Kita juga jadi lebih fokus untuk memenuhi apa yang memang diinginkan terlebih dahulu, ketimbang buru-buru menghabiskan anggaran untuk hal-hal lain yang sedari awal tidak begitu diinginkan.

Cek penawaran menarik. Holiday shopping season means special deals and treats, so make sure you won’t miss them! Cari tahu penawaran-penawaran menguntungkan apa yang bisa membuat belanjamu semakin hemat—bisa jadi potongan harga, bonus, atau hadiah. Entah dari bank atau e-wallet yang digunakan, peritel favorit, or memberships you’ve been subscribed to. Kalau saya biasanya bakal meng-capture atau mencatat semua promo menarik yang memang bermanfaat di ponsel, sehingga ketika belanja saya ingat untuk mempergunakan promo-promo tersebut.

Atur anggaran. Nggak hanya menetapkan barang-barang yang ingin dibeli, tapi juga budget yang ingin dikeluarkan. Kalau ngomongin keinginan, sih, pasti banyak, but you don’t have to break the bank just to fulfill that, right? Menetapkan batas pengeluaran juga dapat membuatmu lebih mindful dalam belanja—sekalap apapun pasti bakal memikirkan budget juga. Jangan lupa untuk memastikan agar budget sesuai dengan shopping list, sehingga persiapannya relevan dengan kondisi keuangan.

Belanja di e-commerce terpercaya. Penting banget juga, nih! Tentunya nggak mau, kan, capek-capek browsing dan bela-belain borong, nggak tahunya barang atau pengalaman berbelanja yang didapat mengecewakan. Tips paling penting: reviews are everything. Kelemahan dari belanja online adalah tidak semua bisa dilihat secara transparan, so make sure you have others’ opinions for that. Bisa dari rating, testimonial, review, atau feedback apapun dari pembeli-pembeli sebelumnya.

tips online shopping, by ruthie (2).jpeg

Where to Online Shop…

Shopee. Udah nggak asing lagi tentunya dengan marketplace yang satu ini. Iklannya selalu viral dan promonya memang selalu gila-gilaan. Marketplace ini jadi favorit saya karena frekuensinya yang tinggi dalam menggelar promo (I mean, tiap hari saja bisa ada flash sale). Aplikasi belanjanya juga menawarkan banyak hal, mulai dari poin sampai kupon diskon.

Tokopedia. Another well-known marketplace in Indonesia. Hampir sama dengan Shopee, marketplace ini pun cukup sering mengadakan promo. Tapi yang saya suka darinya adalah lebih banyaknya peritel lokal yang berjualan di sini dan pengkategorian barangnya yang lebih relatable dengan pembeli. Kekurangannya hanya aplikasinya yang masih kurang intuitif dibanding Shopee.

Carousell. Kalau ini jadi marketplace favorit saya khusus untuk jual-beli barang-barang preloved. Di marketplace ini, saya punya akun untuk menjual pakaian-pakaian yang jarang dipakai atau salah ukuran. Kalau belanja, saya biasanya mencari secondhand fashion items kece atau preloved beauty products (yang sudah dipilih ketat dari kehigienisan pemakaiannya dan pertimbangan lainnya).

Zalora. Marketplace ini biasanya jadi tujuan belanja online saya jika sedang mencari pakaian jadi yang baru. Kalau cek lemari pakaian saya, yang dibeli via online pasti mostly dari sini. Yang bikin saya suka belanja pakaian di marketplace ini adalah pricing range yang masih affordable, detail produk yang jelas, dan ukuran yang beragam.

JD.ID. Saya sejujurnya baru sekali belanja di sini, tapi kesannya cukup memuaskan karena barang-barang yang dijual terjamin kualitas dan keasliannya. Sesungguhnya yang langganan belanja di marketplace ini adalah adik saya dan setelah direkomendasikan, saya pun mencoba sekali dan puas. Terkadang untuk membeli barang-barang yang berkualitas tinggi, butuh tempat belanja trusted seperti ini.

Image credit: rawpixel.com from Pexels

What’s your tips on online shopping?


Main image credit: rawpixel.com from Pexels

Sign-up to my bi-weekly newsletter (coming soon!) here, or follow me via Bloglovin here. Get your free 2019 printable calendar here!