Ending the Year: Reflections on 2018

Ending the Year: Reflections on 2018

Sebentar lagi kita membuka lembaran baru. Sudah siap?

I hope this post finds you well. It’s been a busy week! So how 2018 has been for you? Menulis ini rasanya kayak lagi mimpi. Gila, waktu cepat banget berlalunya! Rasanya baru kemarin saya memulai tahun dengan liburan ke Bali dan meninggalkan pekerjaan yang sudah cukup menjadi bagian besar dalam hidup saya. Rasanya baru kemarin saya merasakan excitement yang luar biasa dalam menyambut tahun ini, lantaran senang mendapati 2017 turned out was definitely my year. Eh, tak terasa umur 2018 sudah tinggal dalam hitungan jam dan 2019 tengah menanti waktu lahirnya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, there's nothing special for this new year's celebration. Nggak ada rencana liburan ke mana-mana, kecuali house-hopping ke rumah-rumah keluarga dan kenalan, dan mall-hopping untuk mantengin holiday season sale atau sekadar checking out dekorasi-dekorasi Natal yang keren. Tapi, puji Tuhan, meski nggak ada rencana bepergian, saya terus disibukkan oleh banyak kegiatan sehingga holiday season ini nggak hampa-hampa amat. Di penghujung tahun ini saya juga bersyukur mostly bisa berpikiran lebih positif dalam menyambut tahun yang baru.

Credit: Dzenina Lukac from Pexels

Credit: Dzenina Lukac from Pexels

Meski dengan cara yang berbeda, tahun ini kembali memperkenalkan saya pada hal-hal baru yang belum pernah saya alami seumur hidup. Setelah memutuskan untuk resign di awal tahun, saya mencoba peruntungan di bidang pekerjaan yang berbeda: freelancing. Sesuatu yang belum pernah saya jalani atau bahkan terpikir untuk melakukannya. Hal baru inilah yang bisa dibilang menjadi highlight hidup saya di tahun ini. It’s because it comes with so many ups and downs, trials and errors—up to a point where I hit the lowest point in my life. Sampai sekarang pun saya masih struggling.

Tapi mungkin itulah yang namanya hal baru, ya. Masih belum begitu paham, masih butuh banyak belajar, masih harus tekun berjuang. Mungkin setahun masih kurang untuk menghadapi hal baru ini. 2018 may not be my year, but I think I’m ready for whatever comes next. Saya nggak bisa bohong, banyak hal yang sempat membuat saya pesimis dalam menjalani tahun ini. Namun banyak juga hal baik yang make it all worth the pain and the hard work. Satu di antaranya adalah blog ini.

Saya bersyukur bahwa di tengah kesulitan yang dihadapi, blog ini boleh menjadi tempat pelarian dan rumah kedua bagi saya untuk berbagi pikiran, cerita, dan hal-hal yang saya sukai. Bersyukur di tahun ini By Ruthie juga bisa terus aktif dan bahkan meraih lebih banyak pembaca. Sejak resign, saya memang jadi serius ngeblog. Bahkan sampai berkesempatan untuk memenangkan dua kompetisi blog lewat tulisan ini dan ini! Di akhir 2018, saya pun senang sekali bisa menantang diri dengan mengikuti blog challenge dari Blogger Perempuan (meski nggak sampai selesai, hehe). Senang juga bisa berkenalan dengan banyak blogger dan pembaca lewat blog challenge itu. So I also wanna thank you all, my readers, whoever you are, for keeping up with me and my random ramblings.

reflections on 2018, by ruthie (4).jpeg

Di tahun yang akan datang, semoga kebaikan dalam hidup pun datang. Have a happy Christmas and new year to you. Sampai berjumpa lagi di post berikutnya tahun depan!

reflections+on+2018%2C+by+ruthie+%282%29.jpg

Links You Can Check Out...

My advice on holiday shopping season. Di musim liburan ini, yang namanya semarak promo belanja tentunya nggak bisa dihindari. Penghujung tahun semakin dekat dan holiday season sale terus menggila. Saya punya beberapa tips untuk menghadapi holiday shopping season, cocok buat yang suka kalap belanja atau simply belum beli apa-apa untuk tukar kado tahun ini.

The most popular post on this year. Agak terkejut sekaligus excited mendapati tulisan saya tentang gaya hidup live locally jadi most read post tahun ini. Meski tulisan tersebut memang untuk dilombakan (dan thankfully menang 😚), saya bersyukur boleh membagikan pandangan dan pengalaman pribadi soal gaya hidup yang sedang saya adopt itu. It's a lengthy post, tapi kalau mau tahu mengapa dan bagaimana saya mencoba untuk live locally, go and check it out!

My travel guides. Untuk libur Natal dan tahun baru ini saya nggak ada rencana vacation bersama keluarga. But I'm sure some of you do, so instead I've made sure that my travel posts are here for you! All curated with advice on budget-traveling and first-time traveling, recs on where to go, highlights on what to do and see, etc. Pastinya akan sangat membantu untuk merencanakan liburanmu.

Things to keep you busy during the holiday. Nggak ada rencana bepergian? Bisa banget menghabiskan waktu liburan dengan beberapa rekomendasi hiburan menarik versi saya! Kepingin dengar lagu-lagu yang bikin semangat, nonton kanal-kanal YouTube yang menginspirasi, baca buku-buku favorit, nonton TV shows kocak dan menghibur? Silakan langsung cek rekomendasi terbaik saya, ya.

Image credit: Max Andrey from Pexels

Till we meet again, folks!


Main photo credit: freestocks.org from Pexels

Sign-up to my bi-weekly newsletter (coming soon!) here, or follow me via Bloglovin here. Get your free 2019 printable calendar here!