Noodle Shops in Japan Worth a Second Visit

Noodle Shops in Japan Worth a Second Visit

After bowls and bowls of joy...

Sudah jadi rahasia umum, ya, kalau sajian mi adalah salah satu the cult classic kuliner di Jepang. Apalagi Jepang adalah negara asal ramen, one of my ultimate favorite dish. Jelas hukumnya kalau ke negeri sakura ini harus banget nyobain menu-menu ramen dan sajian mi khas Jepang lainnya.

Not to brag, tapi setelah beberapa kali berkesempatan untuk bepergian ke Jepang, saya sempat mencoba berbagai macam sajian mi khasnya—mulai dari ramen, soba, udon, dan lainnya. Jadi kedai-kedai mi berikut adalah a few of my favorites, yang beberapa di antaranya bahkan sampai saya kunjungi berulang kali saking sukanya! Kedai-kedai yang saya sebutkan kebanyakan berlokasi di Tokyo dan sekitarnya, tapi ada juga yang saya temukan di Kyoto dan Osaka. Mind you that not all the noodle shops I mention here are halal, so by all means please Google them first.

IMG_8298[1].JPG

My Favorite Noodle Shops in Japan

Ichiran Ramen. Kalau ke Jepang, mesti banget coba tonkotsu ramen (ramen noodles with pork bone-broth soup) khasnya. Kuah kaldunya gurih dan kaya rasa. Nyeruput kuahnya sampai habis is surely a helluva joy—alias kenikmatan terhakiki! Ichiran Ramen punya banyak cabang di seluruh Jepang, jadi bisa pilih yang terdekat yang mana. Saya sudah pernah makan di dua kedainya yang di Tokyo, cabang Minato dan Ikebukuro. Dua-duanya selalu ramai pengunjung, so expect long queue, ya.

QZBH3851[1].JPG

Miraku. Kedai ini aslinya di Hokkaido, terkenal dengan menu khas daerahnya, rishiri ramen. Tapi nggak perlu jauh-jauh ke sana, saya nyobain rishiri ramennya di Shin-Yokohama Ramen Museum, Tokyo. Emang enak banget! Kedainya ramai terus dan masakannya benar-benar otentik—semua bahan makanannya dari Hokkaido!

Hanamaru Udon. Dari semua yang ada di list ini, kedai udon inilah yang terfavorit saya. Menu-menu yang ditawarkan agak mirip dengan Marugame Udon, tapi soal rasa menurut saya jauh lebih enak di sini. Kedainya yang di Harajuku, Tokyo, sangat kecil tapi selalu padat pengunjung! Favorit saya adalah Shiobuta Ontama-Bukkake (special soy sauce udon with salted pork on half-boiled egg), yang penampakannya as pictured on the left.

Oshiyokujidokoroinari. Kalau ini menurut saya lebih ke hidden gem, sih. Ketemunya by accident, gara-gara sehabis dari Fushimi Inari-taisha, Kyoto, kelaparan dan ngelewatin kedai ini. Suasana kedainya homey, pemiliknya sangat welcoming dan friendly meski nggak bisa berbahasa Inggris. Kurang ingat waktu itu pesan menu apa, yang jelas menu-menu udon, sushi, dan sobanya enak banget!

Rokurinsha. This ramen shop always has the longest line at Tokyo Ramen Street, Tokyo. Nggak heran, soalnya menu tsukemen (dipped-in broth cold ramen) khasnya juara! Kuah kaldu campuran pork and fish-nya kental dan super tasty! Saya jarang suka sajian mi dingin, tapi tsukemen di Rokurinsha definitely worth the long queues.

Bonus: Favorite Gyudon Restaurants

Untuk part ini saya hanya punya dua rekomendasi, meski sebenarnya sudah pernah nyobain berbagai restoran dan kedai gyudon (beef rice bowl) selama beberapa kali traveling ke Jepang. Tapi dari semuanya, so far favorit saya masih Sukiya dan Yoshinoya. Keduanya sama-sama sangat affordable, tapi soal rasa menurut saya Sukiya lebih juara. Favorit saya menu tondon (ginger pork rice bowl) dan tentunya gyudon (yang original gyudon dan gyudon with 3 cheeses).

Kalau Yoshinoya, saya suka menu butadon (pork rice bowl) dan gyudon with green onions and raw egg (nggak begitu suka original gyudonnya karena kurang tasty). Baik Sukiya dan Yoshinoya punya banyak cabang di seluruh Jepang, paling banyak biasanya di Tokyo (bisa sampai di tiap sudut daerah). Makanya kalau bingung mau makan apa, saya tinggal cari cabang mereka yang terdekat.


Sign-up to my bi-weekly newsletter (coming soon!) here, or follow me via Bloglovin here.