My Blogging Plan for 2019 & How's 2018 Been So Far

My Blogging Plan for 2019 & How's 2018 Been So Far

(sembari berpikir keras mau ngapain selain lebih rajin menulis…)

And talking about “rajin menulis”, nggak terasa ini sudah jadi postingan terakhir untuk blog challenge yang sedang saya ikuti. Kalau rajin ngecek blog ini, pasti tahu kalau beberapa hari terakhir ini saya skip menulis. It’s been a hectic week for me—kebanyakan gara-gara mengurus beberapa kegiatan Natal dan akhir tahun di gereja. Belum lagi mendekati Natal begini, keluarga mulai ngajak jalan bareng, yang sampai seharian gitu. Kebetulan di last day untuk blog challenge ini, saya tiba-tiba punya ide bahasan, lalu memutuskan untuk tetap terjaga dan menulis untuk topik terakhir challenge. Di kesempatan-kesempatan berikutnya, saya akan mengejar ketinggalan untuk topik-topik yang terlewat. Semoga masih pada mau stay tune dan baca, ya…

Anyways, menjelang tahun baru, membuat resolusi untuk life in general sudah. Membuat wish list untuk travel juga sudah. Lalu, apa yang mau dilakukan untuk blog ini di tahun yang akan datang? Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, untuk topik ini entah mengapa ide bahasannya muncul begitu cepat. Sebab di tahun ini, By Ruthie boleh dikatakan bertumbuh cukup pesat (bagi saya) dan itu membuat saya dapat melihat lebih jelas arah tujuannya. Tentu saja hal pertama yang ingin saya lakukan untuk blog ini adalah lebih rajin menulis, but I also want to do more things…

my+blogging+plan%2C+by+ruthie.jpg

2018 Has Been a Great Year!

I mean, where in the world should I start? Meski tahun ini dimulai dengan keraguan akibat keputusan yang agak dadakan untuk resign, saya bersyukur bahwa sejak itu saya jadi punya kesempatan untuk serius ngeblog, one of the things that I really want to do this year. Lalu, puji Tuhan, di tahun ini saya berkesempatan untuk memenangkan DUA kompetisi—tulisannya bisa dicek di sini dan di sini. Nggak nyangka banget, niat saya untuk serius ngeblog langsung bisa disambut baik!

Selain itu, I’m also thankful for this blog challenge. Blog ini jadi boleh semakin bertumbuh di tahun ini: baik dari konten, traffic, peringkat, engagement, sampai recognition-nya. Saya juga jadi bisa bertemu dengan banyak orang keren di komunitas blogger. Don’t get me wrong. selama tahun ini juga saya sempat mengalami berbagai struggle dan tantangan. But I’m confident that 2018 has been a great year for By Ruthie atas banyak hal yang dialami melalui blog ini dan sangat saya syukuri. So, thank you, next!

Image credit: Plush Design Studio from Pexels

What I Want to Do in Blogging in 2019

Lebih menantang diri. Biarpun gagal menyelesaikan blog challenge pertama saya dengan baik, saya siap untuk lebih banyak menantang diri lagi ke depannya. Entah ikut challenge lain lagi, coba menulis topik yang challenging, rutin ikut kompetisi blog… I’m up for anything! Pokoknya selama bisa menumbuhkan konsistensi, pengalaman, dan semangat saya dalam menulis dan blogging, apapun akan saya ikuti!

Lebih mengatur perencanaan konten. Ini, nih, yang gagal total untuk dilakukan di tahun ini. Niat untuk konsisten melakukan content planning sebenarnya sudah jadi resolusi saya tahun ini. Tapi, ya, gimana—menulis saja masih belum konsisten, boro-boro merencanakannya. Padahal sudah segala bikin daftar draft tulisan di Trello, eh, malah nggak dilanjutkan dan terus blogging sesuai mood saja. Ke depannya pokoknya saya ingin lebih serius dalam merencanakan konten agar isi blog ini lebih baik.

Lebih membuka diri dengan pembaca. Jujur aja, saya baru banyak berinteraksi dengan pembaca blog saya dan fellow bloggers yang berkunjung setelah ikut blog challenge dari Blogger Perempuan ini, hehe. But better late than never, right? Padahal saya sebenarnya paling senang kalau menemukan komentar-komentar di postingan-postingan blog ini. Itu sebabnya saya selalu berusaha untuk merespons tiap komentar yang ada. Nantinya mungkin saya akan bereksperimen dengan cara-cara lain untuk berinteraksi dengan pembaca selain lewat komentar—lewat giveaway atau challenge, misalnya. Pokoknya yang seru untuk semuanya!

Lebih kreatif. Talking about giveaways and challenges, yes, saya sudah punya beberapa ide untuk memperkaya konten saya dengan hal-hal yang menarik. Intinya supaya semua bisa have fun, saling mengenal, dan bertumbuh bersama dalam komunitas ini. Tunggu tanggal mainnya, ya!

Credit: Jessica Thames from Pexels

Credit: Jessica Thames from Pexels

What’s the number one thing you want to do in 2019?


Main image credit: Jessica Thames from Pexels

Sign-up to my bi-weekly newsletter (coming soon!) here, or follow me via Bloglovin here. Get your free 2019 printable calendar here!