Apps That Have Revamped My Life Recently

Apps That Have Revamped My Life Recently

Smartphones are really handy fellas, aren’t they?

Though I’ve been trying to maintain a healthy relationship with my phone and the digital world inside it by detoxing: I love my phone. Seburuk apapun ponsel di mata para orangtua atau generasi “old-school” sekarang, tidak bisa mungkir dari kenyataan bahwa smartphones bring so much goodness in life. Buat saya, ponsel selalu punya cara untuk mempermudah kehidupan saya dengan segala teknologi yang ada di dalamnya. Itulah yang ingin saya prioritaskan dalam penggunaan ponsel mulai dari sekarang: menjaga penggunaannya agar hanya untuk hal-hal sehat dan positif. And as I’ve become really interested on helpful apps, I’m always on the hunt for awesome ones. Inilah beberapa aplikasi yang akhir-akhir ini menjadi favorit saya…

pexels-photo-1845290.jpg

My Current Favorite Life-Improving Apps

Fabulous. Dari semua yang saya akan sebutkan, aplikasi inilah yang menjadi the most favorite. Saya menemukan Fabulous saat iseng nyari aplikasi productivity yang recommended di App Store. Setelah dicoba beberapa minggu ini, ternyata Fabulous benar-benar memberikan dampak yang baik dalam kehidupan saya. Aplikasi ini berfokus pada life improvement, yang membantu pengguna menjadi pribadi lebih baik by suggesting high quality routines in their lives. Misalnya pingin lebih sehat, Fabulous bakal menyarankan beberapa rutinitas yang dapat mendukung itu and make sure we’re really doing it. Goals-nya bisa macam-macam: kalau saya pilihnya lebih fokus dan produktif. And it really works! Gara-gara Fabulous, rutinitas harian saya kini benar-benar efektif — bahkan sudah include olahraga, meditasi, dan bebersih!

Trello. Sebenarnya saya udah lama menggunakan aplikasi ini, tapi baru sekarang benar-benar digunakan secara maksimal. Trello sangat membantu saya dalam membuat task list atau to-do list (atau bahkan daftar apapun) secara rinci. Dan karena rinci, semua list yang saya buat jadi terlihat lebih doable dan jelas. Apalagi kalau hal yang ingin dikerjakan adalah sesuatu yang kompleks atau cenderung repetitif: menulis postingan blog, misalnya. Saya sudah punya, tuh, checklist khusus untuk upload blog post. Tiap kali mau bikin tulisan baru, tinggal duplicate card — jadi, deh, checklist blog post baru.

Flipboard. Aplikasi ini sudah saya gunakan sejak masih bekerja sebagai jurnalis karena merasa harus terus meng-update diri dengan berita-berita terkini. Habis itu sempat saya uninstall dan baru beberapa minggu lalu saya install ulang. Tapi kali ini, saya lebih memfokuskan bacaan-bacaan saya pada artikel-artikel seputar self-care dan self-development. Selain untuk mencari bacaan bagus dan terkurasi, Flipboard juga jadi tempat saya untuk menaruh link-link artikel online yang tertarik untuk saya baca.

Apple Podcasts. Pengguna iPhone pastinya tahu kalau ini adalah aplikasi bawaan dari Apple. Saya sudah pernah cerita di sini kalau saya adalah pendengar setia podcast — baik via Apple Podcasts atau Spotify. Tapi karena udah uninstall Spotify, saya sekarang banyak mendengar podcast lewat aplikasi ini, terutama kalau play-nya dari iPhone. Bagi saya, podcast itu seperti entertainment yang berbobot karena banyak monolog atau dialog penuh inspirasi dibagikan lewat podcast. Having the Podcasts app really connects me to many more inspiring podcasts!

Apple Reminders. Lagi-lagi ini adalah aplikasi built-in dari Apple. Tapi sekian lama menggunakan iPhone, baru sebulan terakhir ini saya menggunakan aplikasi tersebut. Saya menggunakan Reminders untuk mengingatkan diri terkait hal-hal yang perlu dibersihkan atau di-organize secara mingguan atau bulanan. Entah itu ngelap rak-rak di kamar, ganti seprai, declutter isi ponsel, jemur tanaman, atau look for empties. Aplikasi ini ngebantu banget untuk keep track on the things that I need to do weekly or monthly. Sebelumnya, saya suka miss sama jadwal ganti seprai, yang seharusnya tiap bulan diganti karena kulit saya lumayan sensitif. Gara-gara lupa, kulit sering sampai gatal atau jerawatan baru ingat ganti seprai. I’m very grateful for apps like Reminders!

Google Play Books. Ini adalah aplikasi terfavorit yang ada di tablet Samsung saya (setelah Netflix, hehe). Soalnya Play Books udah jadi rak buku elektronik saya, a.k.a. e-book. Dulu saking seringnya membaca, saya sampai suka membawa bacaan saya ke mana-mana. Jadi kalau di rumah/kamar baca versi paperback-nya, kalau lagi di luar lanjut baca versi e-book-nya (dengan judul yang sama). Akibat sering kejebak macet dalam perjalanan pulang, sih, hehe, jadi sering menghabiskan waktu di mobil atau kantin kantor dengan membaca. Sekarang saya sudah mulai kembali membiasakan rajin membaca dengan menambah koleksi e-book.

pexels-photo-1831256.jpg

What are your favorite apps?

Image credits: Daria Shevtsova from Pexels

Sign-up to my bi-weekly newsletter (coming soon!) here, or follow me via Bloglovin here. Get your free 2019 printable calendar here!