Spending Less Time on Your Phone: My Top Tips

Spending Less Time on Your Phone: My Top Tips

Less scrolling, more hustling...

Yang merasa sulit banget buat jauh dari smartphone, mana suaranyaaa? Dari yang saya baca di internet, katanya rata-rata orang menghabiskan waktu dengan smartphone dalam sehari selama lima jam (!). Saya awalnya sempat underestimate durasi penggunaan smartphone saya. Tapi setelah iPhone mulai mengeluarkan fitur 'Screen Time', saya jadi suka merasa bersalah kalau pegang smartphone (bahkan sampai sekarang, hehe).

Sejak itu, saya mulai mengurangi penggunaan smartphone (dan kecenderungan adiksi terhadap smartphone). Nggak mudah memang, mengingat smartphone sudah lekat dengan hampir semua aspek dalam hidup saya: dari hidup keseharian sampai pekerjaan. Tapi saya juga nggak mau diri dan hidup saya jadi seperti dikendalikan smartphone. Nggak bisa dimungkiri bahwa selain mempermudah kehidupan, smartphone pun bisa menjadi ‘racun’—a.k.a. a number one reason for procrastinating and being distracted 24/7. Inilah beberapa hal yang saya lakukan untuk mengubah penggunaan smartphone saya dari lima jam per hari menjadi lima jam per minggu…

HBVJ8965[1].jpg

How to Stop Spending So Much Time on Your Phone

Before you start... tentukan seperti apa relationship yang ingin kamu bangun dengan smartphone-mu. You can start with the “why”: mengapa kamu mau lebih jarang memegang HP? Karena ingin lebih banyak bersosialisasi in real life? Karena ingin menghindari tekanan pekerjaan atau the perfect life of Instagram? Cari tahu apa kebiasaan buruk yang ingin kamu tinggalkan dan hal-hal positif yang ingin kamu lakukan dengan smartphone-mu.

No social network notifications, except for direct or private messages. Seringkali yang bikin tangan gatal ingin pegang HP atau mata nggak tahan untuk lirik layar HP adalah notifikasi-notifikasi nggak penting yang nggak perlu dicek right away. Karena itu, matikan saja semua notifikasi yang bersifat non-urgent supaya nggak kebiasaan sedikit-sedikit cek HP.

Get your phone out of reach. Trik ini sering banget saya lakukan ketika lagi ngumpul bareng teman atau ingin serius mengerjakan sesuatu. Saya taruh HP di tempat yang nggak dekat dengan tangan, seperti di tas, laci meja, atau bahkan di ruangan lain (tentunya HP dalam mode berdering, ya). Sudah pasti perhatian nggak akan tertuju pada HP.

AHYG4027[1].jpg

Set a no-phone zone or no-phone schedule. Ide ini terinspirasi dari blogger A Balancing Peach yang membuat tech-free zone di beberapa spot di rumahnya. Intinya bikin area-area di rumah di mana kamu nggak boleh bawa atau pegang HP (di tempat tidur, misalnya). Atau, bikin jadwal tertentu untuk itu (menjelang jam tidur malam, misalnya).

Make your phone less distracting. Selain mematikan notifikasi yang nggak penting, kamu juga bisa mematikan sekalian cellular data, koneksi wi-fi, atau bahkan menyalakan Airplane Mode. Bisa pula dengan mematikan dering HP, sehingga nggak terlalu mencuri perhatianmu dari kegiatan dan aktivitasmu.

Do you have other tips to spend less time on your phone?

Sign-up to my bi-weekly newsletter (coming soon!) here, or follow me via Bloglovin here. Get your free 2019 printable calendar here!