How I Make Time to Read More Books

How I Make Time to Read More Books

...and enjoy every second of it!

To those of you who set reading goals for this year’s resolution: how’s it going? If you’re reading this, the possibility would be (a) you want to make more time to read books, (b) you want to read more books, or (c) it’s difficult for you to find the right time and the right book to read. Sebagai seorang penggila buku, saya cukup kaget setelah melihat di Goodreads bahwa saya sudah makin jarang membaca. Tahun kemarin saya hanya menyelesaikan lima buku (dari 12 bulan!) dan November 2018 adalah terakhir kali saya memegang buku (sampai akhirnya kembali membaca di awal Februari 2019). Setelah kuliah, kayaknya saya jadi makin jauh dengan buku.

Kesulitannya adalah waktu. And to say that my time management skill is unbelievably crappy would be an understatement. Semasa jadi mahasiswi Sastra Inggris, saya selalu punya banyak hal untuk dibaca. Setelah lulus dan bekerja di industri media, tulisan saya yang dibaca (hehe). Kesibukan saya sebagai jurnalis membuat saya lebih sibuk menulis ketimbang membaca. Lebih tepatnya, mondar-mandir dan menulis. So I practically had zero time for any entertainment (my only “entertainment” was food) since I was too tired for anything 24/7. Sekarang setelah punya lebih banyak waktu, I miss those cozy times where I could gobble up books, sniff the decaying paper, and turn the pages to witness awesome stories. Jadi, di sini saya ingin berbagi tips untuk mencari waktu dan membaca lebih banyak buku, because I believe everyone needs a bibliotheraphy!

ETIO9675[1].JPG

Finding Time to Read More Books

Set the goal and build the read-list. Masih ingat dengan reading challenge saya untuk tahun ini? Guess what: it actually works! Kalau ngikutin akun saya di Goodreads (by all means, please do if you haven’t already!), pasti tahu saya sudah berhasil menyelesaikan lima buku sejauh ini. Lima buku dalam dua bulan, dari target sebulan satu buku! If you’re like me and really loves to have goals or challenges to work towards, coba pasang target dan buat daftar buku yang ingin dibaca. Mulai dari yang realistis dan memungkinkan untuk dicapai: misalnya satu buku per bulan, seperti yang target saya di tahun ini. Lalu list down judul-judul yang akan dibaca. Kalau nggak tahu mesti baca buku apa, join or get some inspirations from reading clubs.

Always keep a book handy on you. Trik ini sebenarnya terinspirasi dari kebiasaan saya semasa sekolah, yang suka bawa komik ke mana-mana saking sukanya baca komik. Dulu belum ada smartphone atau gawai secanggih sekarang, jadi kalau bosan nggak bisa membuang waktu dengan scrolling, tapi baca. Sekarang, kalau merasa bakal punya waktu luang, saya selalu bawa Samsung tablet saya yang berisi banyak e-book untuk dibaca di manapun, kapanpun. Terjebak macet di jalan, ngantri bayar belanjaan, nunggu pesanan makanan… Pokoknya kalau nganggur sedikit, bawaannya langsung baca. Buku elektronik adalah solusi terbaik untuk bookworms out there yang nggak bisa hidup tanpa bacaan. But if you don’t mind, carrying a physical book with you wouldn’t hurt.

Pick books that you’ll actually read. Pastinya pernah, ya, beli buku hanya gara-gara judul buku itu lagi populer. Awal-awal suka baca novel-novel berbahasa Inggris, saya juga mulai dari judul-judul yang lagi populer: novel pertama saya adalah Divergent oleh Veronica Roth. It’s a good way to start, tapi trik ini nggak selalu berhasil. Ada beberapa judul populer yang setelah saya baca ternyata nggak cocok (I’m looking at you, Antologi Rasa) dan bikin saya malas melanjutkannya. So, lesson learned: selalu baca sinopsis buku sebelum membeli, dan pilih buku yang benar-benar mau dibaca aja. Cari tahu bacaan seperti apa yang cocok dengan preferensimu. Kalau dikelilingi buku-buku yang memang menarik buatmu, pasti kamu jadi makin termotivasi juga untuk membacanya.

Make a slot in your routine. Nah, yang ini butuh sedikit skill. Namanya “pintar-pintar cari waktu”. Menurut saya, satu-satunya solusi dari mencari waktu untuk lebih banyak membaca adalah meluangkan waktu. I don’t have any exact trick for this karena tiap orang punya rutinitas yang berbeda, tapi mau sebentar atau lama, yang penting sediakan waktu dulu saja. I know we always have the "but I’m busy” excuses, tapi kalau lihat di poin saya sebelumnya, bisa aja, kok, curi-curi waktu untuk baca sembari macet, mengantri, atau menunggu. Waktu luang pasti ada, tinggal cerdik menggunakannya aja. Apalagi kalau sempat scrolling di Instagram atau binge-watching di Netflix (I’m talking to myself). So ditch the ‘gram and the ‘flix, and let’s get some books to finish!

XTDZ3943%255B1%255D.jpg

Get more books! Tenang, maksudnya tidak harus merogoh kocek lebih dalam untuk membeli banyak buku. Tapi bisa diakali dengan pinjam buku ke perpustakaan dan orang lain (did you know that you can also borrow and lend ANY books from this awesome book-sharing platform?) atau cari versi e-book yang lebih affordable. Mungkin kedengarannya agak konyol, tapi saya selalu jadi semangat membaca kalau tahu ada banyak buku menarik yang mengantri untuk dibaca. Rasanya kayak semangat mengikuti sebuah cerita karena selalu ada lanjutannya. Saya jadi terpacu untuk segera menyelesaikan buku yang sedang dibaca karena nggak sabar membaca hal baru di buku berikutnya.

Be open to suggestions. Poin ini sebenarnya menyambung dari poin “get more books”. Biasanya kalau bacaan saya sudah mau selesai, saya langsung research atau cari tahu judul-judul lain yang kira-kira menarik untuk dibaca. Kalau sudah punya akun di Goodreads, bakal lebih mudah memilih judul-judul menarik yang serupa dengan bacaan-bacaan kita sebelumnya. Jika sudah punya buku pilihan menarik yang hendak dibaca, pastinya bakal lebih semangat untuk menyelesaikan buku yang sedang dibaca—atau bahkan memulai untuk membaca setelah sekian lama! Bisa juga dengan bertukar pikiran dengan teman atau sesama penggila buku, yang siapa tahu punya rekomendasi bacaan yang bagus untukmu.

How do you find time to read books?


Sign-up to my bi-weekly newsletter (coming soon!) here, or follow me via Bloglovin here. Get your free 2019 printable calendar here!