My Favorite Bloggers to Learn Blogging From

My Favorite Bloggers to Learn Blogging From

Kalau ditanya soal blogger favorit, sih, banyak. Tapi kalau blogger favorit untuk belajar dan mendalami soal blogging?

Sebelumnya saya sudah pernah menyebutkan beberapa blogger yang menginspirasi saya untuk terus ngeblog di sini. Kali ini, saya ingin fokus ke blogger-blogger yang biasanya jadi semacam junjungan saya untuk mendalami dunia blogging. Karena ada beberapa blogger yang konten-konten blognya selalu jadi reference saya jika saya butuh inspirasi atau solusi ketika menghadapi kesulitan dalam ngeblog. Secara spesifik dalam aspek menulis, mengatur tampilan konten, dan lainnya. Nah, dari blogger-blogger inspiratif itulah saya belajar banyak soal aspek-aspek tersebut—meski otodidak.

Sama seperti sebelumnya, blogger-blogger yang akan saya sebutkan adalah campuran blogger lokal dan asing. To be honest, saya memang mengikuti banyak sekali blog-blog asing karena menurut saya konten-konten yang ditawarkan lebih beragam dan mind-opening. Tapi ada juga beberapa blogger lokal yang jadi panutan saya to be a better Indonesian blogger, yang konten-kontennya tentu lebih relate-able. Jadi, without further ado, yuk kita mulai!

Favorite Bloggers to Learn Blogging From

Writing

Sejujurnya saya punya banyak banget blogger inspiratif yang tulisan-tulisannya menjadi inspirasi saya. Junjungan pertama saya adalah Anna Newton (The Anna Edit), blogger asal Inggris yang tulisannya selalu menarik dan menghibur karena gaya storytelling-nya suka menggebu-gebu dan kocak! Kalau Claradevi Handriatmadja (Lucedale) jadi inspirasi saya atas tulisannya yang dalam, intim, dan pokoknya food for the soul and thoughts banget, deh. Benar-benar penulis sejati!

Saya juga banyak belajar menulis secara runut dan profesional dari Yuki Anggia (Helter Skelter), a travel editor yang juga menurut saya a great storyteller. Paling jago menenggelamkan pembaca ke dalam tulisannya dan mengambil angle menarik untuk ditulis. Rebecca (From Roses) juga jadi blogger favorit saya atas tulisan-tulisannya yang selalu ringan dan beragam. Dari dialah saya belajar untuk menulis hal-hal yang disukai.

Layouting

Akhir-akhir ini saya sering dapat pujian soal layout artikel-artikel blog saya yang katanya seperti majalah. For that I owe a big thanks to another favorite blogger of mine, Jessica Bialkowski (Little Henry Lee), yang layout artikel-artikel blognya selalu jadi inspirasi saya. Kebetulan kami sama-sama menggunakan platform blog Squarespace dan dari dialah saya belajar bagaimana mengkreasikan tampilan artikel sehingga menarik.

Designing

Sebenarnya Lisa Linh (By Lisa Linh) bukan blogger yang mastering desain blog atau website. Tapi kalau lihat blognya, tuh, apik tenan. Sampai sekarang saya masih suka mencontek tampilan blognya Lisa dan mencoba untuk mengkreasikan idenya dengan versi berbeda di blog saya. Gara-gara dia, saya jadi suka cari tahu di Google soal cara styling desain tampilan blog di Squarespace dan akhirnya tahu banyak hal tentang itu.

Photography

Awal tahu Nicoline Patricia (Nicoline’s Journal) itu dari Instagram dan pas tahu dia punya blog, langsung jatuh cinta. Emang dasar fotografer, jadi foto-foto blognya selalu bagus dan dreamy. Apalagi foto-foto traveling-nya. Dia juga sering berbagi tips fotografi di blognya. So I learn a lot from her! Saya juga suka sama blog photography-nya Andra Alodita (Andra Alodita), yang juga adalah seorang fotografer. Hasil foto-fotonya itu selalu clean dan detail, tipe-tipe favorit saya.

Monetizing

Kalau soal fee blogger, rate card, konten bersponsor, dan lainnya, saya belajar banyak dari Annisa Steviani (Annisast.com) lewat rubrik ‘Monday Techno’-nya dan blognya Breanna Rose (Rowan Made). Sedangkan, kalau soal optimasi blog, SEO, traffic, dan lainnya, biasanya saya suka baca tulisan-tulisannya Carolina Ratri (Carolina Ratri).


Do you have any favorite bloggers to learn blogging from?

Main image credit: burst.shopify.com

Sign-up to my bi-weekly newsletter (coming soon!) here, or follow me via Bloglovin here.