Why Blogwalking Will Never Get Old & Where to Start

Why Blogwalking Will Never Get Old & Where to Start

Blogwalking: satu-satunya kegiatan browsing online yang saya sukai dan sering bikin lupa waktu—selain scrolling feed Instagram.

Saat research soal blogwalking, saya sedikit kaget karena tidak mendapati situs atau blog asing yang membahas itu—meski ada laman WikiHow membahas topik tersebut. Sepertinya istilah blogwalking hanya populer di kalangan blogger lokal, ya? Oh, ya, bagi yang belum paham, blogwalking itu basically adalah aktivitas mengunjungi berbagai blog. Semacam membaca blog secara marathon gitu.

Sejujurnya, saya baru tahu pentingnya blogwalking setelah serius ngeblog. Nggak, blogwalking itu bagi saya gunanya nggak sekadar untuk silaturahmi dengan sesama blogger lain aja. Ada banyak manfaat lain yang saya rasakan dari blogwalking: mendapat inspirasi untuk membuat konten, mendongkrak traffic dan SEO, menambah ilmu soal blogging, dan masih banyak lagi. Saking banyaknya, saya suka ketagihan blogwalking—sekali mulai pasti susah berhenti untuk right-click and hit that "Open in new tab" option. Soalnya bagi saya, blogwalkinng itu seru, apalagi kalau blognya personal. Rasanya seperti membaca jurnal-jurnal pribadi penulisnya.

Setahu saya, aktivitas blogwalking ini sudah dilakukan kalangan blogger sejak yang namanya ngeblog lagi populer, saat saya juga baru pertama kali membuat blog. Soalnya, kala itu blog lagi in dan masih banyak pembaca umum online yang penasaran dengan dunia blogging. Beda dengan sekarang, di mana pembaca blog biasanya adalah seorang blogger juga. I mean, do people still read blogs nowadays? Like, really browse blogs online and read them? Tapi meski zamannya sudah berbeda, blogwalking menurut saya masih relevan kegunaannya hingga sekarang dan bahkan ke depannya karena manfaat-manfaatnya yang penting banget.

FAYJ0459[1].JPG
YCHQ2823[1].JPG

Where to Start…

The Anna Edit, From Roses, Little Henry Lee, Helter Skelter. Karena favorit, tentunya blog-blog ini nggak pernah absen saya kunjungi.

Jane From The Blog. I consider Jane as my first blogging pal ever karena lately sering interaksi dan saling blogwalking. Saya selalu suka baca tulisan this young mom karena relatable. Rasanya kayak dengar celotehan teman dekat gitu, padahal belum pernah ketemu! Really glad to know her!

Ewafebri. Saya ketagihan untuk terus mengikuti postingannya karena niche-nya unik: bullet journaling, art, dan personal development. Sekarang jadi sering interaksi karena orangnya ramah dan asyik banget!

Jeenatassya. Another blog from a young mom yang tulisannya lagi saya suka ikuti sejak ikut blog challenge. Gaya menulis Janice asyik, cenderung curhat tapi nggak berlebihan, jadi tulisannya enak dibaca. She mostly talks about parenting, but I’ve been digging her personal stories and musings.

Fadilla Dwianti. Ini sebenarnya blog milik teman kuliah saya, hehe. Baru tahu Dilla aktif ngeblog setelah ketemu di salah satu workshop Blogger Perempuan. Sejak kuliah, saya memang mengenalnya sebagai seseorang yang jago nulis. Jadi nggak heran kalau saya ngikutin blognya.

Olivia Lazuardy. Blog milik fashion blogger ini emang mostly talks about fashion, tapi saya suka banget dengan tulisan-tulisan personalnya.

Koh Huang. List blogwalking saya minim keberagaman gender ya, hihi. Tapi so far, blognya Koh Deddy Huang ini satu-satunya blog milik blogger pria yang nggak pernah ketinggalan untuk saya kunjungi!

EQDB6407[1].JPG

Little Tips on Blogwalking

Baca postingan blog yang dikunjungi sampai tuntas. Prinsip saya simpel: buat apa mengunjungi blog kalau postingan-nya tidak dibaca (lalu asal berkomentar dan pasang link hidup pula)? Hargai tulisan sendiri dengan terlebih dahulu menghargai hasil karya orang lain.

Kunjungi blog yang memang menarik dibaca. Supaya jadi lebih enjoy membaca dan bisa berinteraksi juga dengan penulisnya. Jangan maksa untuk blogwalking ke blog yang kamu bahkan nggak tertarik untuk baca, demi bisa meninggalkan link dan blogmu dikunjungi.

Rutin blogwalking. Ini trik buat yang memang ingin mendongkrak traffic dan SEO dari blogwalking. Kalau saya biasanya blogwalking tiap selesai unggah tulisan dan normally saya bisa mengunjungi sampai 10 blog.

What’s your favorite blog to visit?

Sign-up to my bi-weekly newsletter (coming soon!) here, or follow me via Bloglovin here.