My Self-Care Goals for 2019: Mind, Body, & Soul

My Self-Care Goals for 2019: Mind, Body, & Soul

Tahun ini, saya mantap menetapkan “self-care” sebagai fokus utama hidup.

Setelah semedi dan mandi kembang selama tujuh hari tujuh malam (hehe, of course I’m kidding), saya akhirnya memutuskan untuk menjadikan 2019 sebagai tahun “self-care” buat saya. Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya di sini, 2018 wasn’t really my year. Bisa dibilang tahun lalu adalah tahun tersulit sejauh ini, dan sampai sekarang saya pun masih struggling untuk bangkit dari itu. Itulah mengapa saya merasa perlu untuk menjadikan self-care sebagai fokus di tahun ini. Pada 2018 lalu, saya sudah mulai mempraktikkan self-care routine dan merasakan dampak positifnya. Tahun ini, saya kepingin lebih mendalami self-care dan mendapatkan lebih banyak hal baik dari itu.

Bikin target untuk self-care seperti ini sebenarnya terinspirasi dari videonya Rowena Tsai, YouTuber favorit saya, yang ini. Setelah menonton itu, saya kemudian tertarik untuk ikut membuat self-care goals. Target yang saya buat nggak banyak dan nggak muluk. Saya mengikuti saran Rowena yang bilang kalau pasang target, perencanaan, atau resolusi tahun baru itu harus jelas, detail, dan measureable, sehingga beneran bisa dicapai. Lewat tulisan berikut, saya ingin membagikan target seperti apa yang mau dicapai. Hopefully bermanfaat untuk kalian yang juga tertarik dengan self-care.

pexels-photo-1030898.jpeg

My Self-Care Goals This Year

Build monthly capsule wardrobe. Sebenarnya saya sudah penasaran dengan ini sejak awal tahun lalu. Tapi karena saya berpikir itu berhubungan dengan fashion dan merasa bukan orang yang stylish amat, jadi saya nggak baca lebih banyak soal itu. Saya akhirnya mulai melakukan minggu lalu and it turned out amazing. Banyak hal positif yang saya dapat dari menyusun capsule wardrobe, mungkin akan saya bagikan di tulisan selanjutnya. So, yes, I’m going to do it every month this year!

Finish a 30-day organization or declutter challenge. Saya sudah pernah bilang di sini kalau di Pinterest banyak banget inspirasi untuk menantang diri terkait life organization. Sebenarnya saya sudah pernah mencoba organization challenge dan memang efektif dalam membuat saya konsisten untuk menata beberapa aspek hidup. Tapi nggak pernah menyelesaikan yang full 30 hari (waktu itu kalau nggak salah hanya coba seminggu). Itu seru banget, sih, kita dikasih tantangan untuk membereskan hal-hal berbeda setiap hari—misal hari pertama memilah isi lemari, hari kedua merapikan meja, hari ketiga declutter feed Instagram, dsb. Tahun ini, saya ingin bisa menyelesaikan setidaknya satu challenge.

Try Korean skincare routine. Tahun lalu saya sudah mulai konsisten untuk fokus merawat wajah ketimbang sibuk meriasnya. This year, I want to up the game. Setelah banyak membaca soal tren Korean skincare routine, saya jadi tertarik untuk mengikutinya. Tadinya mau mulai dari akhir tahun lalu, tapi saya maju-mundur karena masih banyak research soal produk-produk yang cocok. Karena itu, saya ingin mempergunakan kesempatan yang baru di tahun ini untuk mencoba ritual perawatan kulit tersebut. Kali aja 2019 muka jadi lebih kinclong, kan?

Read 12 books. Tiap bulan seenggaknya baca satu buku. Barusan banget aku cek Goodreads karena dapat notifikasi di e-mail soal annual reading challenge yang di-suggest untuk dibuat. Turns out reading challenge yang aku buat tahun lalu gagal total, LOL. Parah banget, sih, dalam setahun hanya berhasil baca lima buku coba. Padahal tahun ini saya menambah banyak koleksi buku dari BBW, tapi disentuh pun belum. And given that I actually love books! So that’s why saya menargetkan diri untuk menyelesaikan setidaknya satu buku per bulan. Ibarat netizen julid yang harus banyak piknik, saya juga harus konsisten banyak baca biar kepala tetap ‘berisi’.

pexels-photo-1030906.jpeg

So, what’s your main goal for this year?


Image credits: Daria Shevtsova from Pexels

Sign-up to my bi-weekly newsletter (coming soon!) here, or follow me via Bloglovin here. Get your free 2019 printable calendar here!