Loving Indonesia: Reasons and Ways to Live Locally

"Cintailah produk-produk Indonesia..."

live locally with qlapa, ruthvcpJPG

Kalau kamu pernah menonton televisi, pasti familiar dengan slogan di atas, yang dipopulerkan melalui sebuah iklan TVC produsen perkakas rumah tangga yang cukup besar di Indonesia (bet you even said it out loud mimicking that old man). But, come to think of it, pernah nggak kepikiran untuk benar-benar melakukannya? I mean, sudahkah kamu mencintai Indonesia, terutama melalui produk-produknya?

Saat hendak menulis ini, saya pun sempat merefleksikan pertanyaan itu pada diri. Ternyata saya juga nggak senasionalis itu. Ngakunya cinta Indonesia, tapi masih suka bangga kalau beli dan pakai produk-produk bermerek dan buatan luar negeri. Kalau boleh jujur, saya bahkan kerap lebih percaya sama produk-produk impor ketimbang buatan orang-orang kreatif dan pengrajin di negeri sendiri.

Padahal sudah banyak, lho, produk lokal yang berkualitas tinggi dan patut dipercaya layaknya buatan luar negeri. Malah kalau menurut saya, sudah banyak juga produk lokal yang nggak bisa dibandingkan dengan produk-produk luar karena sudah punya ciri khas sendiri, alias unik dan tidak ada bandingannya. Refleksi inilah yang kemudian membuat saya berinisiatif untuk mencoba live locally, alias mengubah gaya hidup untuk lebih banyak menggunakan produk-produk lokal dalam keseharian.

live locally with qlapa (2), ruthvcp.JPG
live locally with qlapa (6), ruthvcp.JPG

Why do we have to live locally?

Sebelum mencoba untuk hidup mencintai produk-produk lokal, ada baiknya terlebih dahulu memahami alasannya, supaya diri lebih termotivasi untuk melakukannya. Menurut saya, alasan utama mengapa kita harus mencoba untuk live locally adalah simply karena kita bisa mendukung karya dan jerih payah bangsa sendiri. Bayangkan kalau kamu membuat atau mengerjakan sesuatu, lalu dibeli dan digunakan oleh orang lain. Betapa senangnya kamu karena merasa karyamu dihargai dan didukung orang lain. Ya, nggak?

Selain itu, kalau membeli dan menggunakan produk-produk lokal, saya biasanya bakal merasa bangga karena bisa menikmati hasil kerja keras sesama warga negara ini. Membayangkan saya bisa 'mencicipi' langsung hasil tangan dan kepala orang-orang kreatif dan ahli di bidangnya—yang dibuat dengan hati dan harapan untuk menghidupi keluarga, memajukan produksi Indonesia, atau meluapkan ide kreatifnya—just how awesome it is.

How I try to live locally

Hidup sehat dengan makanan dan minuman segar. And by "fresh", I mean locally grown fresh. Selain sehat, bahan makanan dan minuman organik yang segar juga datang dari petani dan peternak lokal, yang membesarkan semua santapan sehat itu dari bumi nusantara ini. How cool is THAT?

Berani coba yang berbeda dengan kreasi rumahan. Mulai dari makanan sampai perabot rumah tangga—sudah banyak, lho, Produk Industri Rumah Tangga (PIRT) yang kualitasnya nggak kalah dari produksi industri besar. Kerennya lagi, kreasi rumahan seringkali one of a kind, alias nggak pasaran.

Belanja di pasar atau pusat belanja lokal. Tidak hanya mendukung produk-produk lokal, ini juga bisa jadi cara untuk mendapatkan produk-produk dengan harga lebih murah. Ini karena kita beli langsung dari produsen atau setidaknya distributor/retailer pertama. No tax included, no pricey tags needed!

Lately, saya lagi ngikutin tren produk perawatan tubuh organik dan sejak berniat untuk mencoba live locally, saya jadi mulai mencari produk-produk organik buatan lokal. Belakangan saya menemukan banyak sekali produk perawatan tubuh organik di sebuah marketplace online lokal. Saya lalu penasaran untuk nyobain sabun dan sampo handmade organik dari Selene Atelier. Produk-produk ini saya beli di Qlapa.com.

live locally with qlapa (7), ruthvcp.JPG
live locally with qlapa (3), ruthvcp.JPG

Qlapa.com is basically rumahnya produk handmade Indonesia. Soalnya hampir semua produk buatan lokal yang dibutuhkan dalam hidup—mulai dari pakaian, makanan, sampai dekorasi hunian—semuanya ada! Termasuk yang lagi suka banget saya cari: perawatan tubuh organik. Selain sabun dan sampo, saya juga menemukan essential oils, facial oils, dan lilin aromaterapi—benda-benda favorit saya! Senang banget bisa menemukan secara mudah produk-produk handmade lokal di tempat belanja lengkap kayak Qlapa.com.

Selain itu, produk-produk yang ditawarkan di Qlapa.com juga berkualitas tinggi dan unik. Ini mengingat semua produknya handmade dan terkurasi, ya. Jadi, kalau lagi mencari sesuatu yang unik dan thoughtful untuk hadiah atau koleksi pribadi, harus juga cek Qlapa.com. Pasti bakal dapat banyak ide menarik!

Pengalaman saya belanja di Qlapa.com menyenangkan. Tinggal akses situsnya, terus browsing produk pilihan. Mencari produk di Qlapa.com juga mudah karena ada tab kategori-kategori produk yang dijual. (P.S. Favorit saya adalah kategori 'Rumah dan Dekorasi' karena banyak banget dekorasi rumah ala Tumblr, 'Kuliner' karena banyak pilihan sambal rumahan yang menggoda banget, serta 'Perawatan dan Kecantikan' karena... you know why!)

Yang saya suka dari belanja di Qlapa.com juga adalah mudahnya melakukan pembayaran—bisa lewat transfer bank, kartu kredit, dan Indomaret. Belanja di Qlapa.com pun aman karena semua transaksi ditangani oleh pihak Qlapa.com. Jika penjual tidak mengirimkan produk lebih dari waktu yang ditentukan, transaksi otomatis akan batal dan uang dikembalikan kepada pembeli. Look how trusted Qlapa.com is!

live locally with qlapa (4), ruthvcp.JPG
live locally with qlapa (5), ruthvcp.JPG

Mencintai Indonesia menurut saya sesungguhnya nggak sekadar dengan menghafal Pancasila, mengingat nama menteri-menteri, checking-off lists of destinasi-destinasi wisata di Bali, atau bisa menyanyikan lagu-lagu daerah dan nasional. Mencintai Indonesia juga harus dilakukan dengan mendukung produk-produk lokal buatan warga Indonesia.

Selain bisa memberikan dukungan dan membanggakan karya anak bangsa, membeli dan menggunakan produk lokal pun dapat mendorong perekonomian lokal. Itulah mengapa menurut saya live locally atau mengubah gaya hidup untuk lebih banyak menggunakan produk lokal sangat baik untuk dilakukan. Kalau mau live locally dan mendukung produk Indonesia secara lebih mudah, saya sangat merekomendasikan untuk belanja di Qlapa.com. Mau makan, belanja, dan hidup locally, semua bisa dilakukan di sana!

live locally with qlapa (8), ruthvcp.JPG

Have you shown your love to Indonesia by loving and supporting local products?


This post is a submission for a blog competition by Qlapa.com, under the theme '#CintaProdukLokal'. However, the opinion written is genuinely mine.