Being Productive While Traveling: My Ultimate Tips

Working on the go, why not?

DPOR5074[1].JPG

Kerja saat pergi liburan, memang bisa? Waktu saya masih jadi jurnalis, yang namanya liburan dan kerja seringkali beda tipis. Alasannya karena susah dapat izin cuti, one of the perks of being a journalist. Kalau pun bos akhirnya berbelas kasih, saya diminta untuk tetap kirim tulisan, alias kerja sambil liburan. Either that atau berusaha menikmati waktu dinas luar kota/negeri layaknya sedang liburan. Intinya, kerja saat liburan (atau liburan saat kerja) sudah jadi hal biasa buat saya.

Meski sudah biasa, kerja saat pergi liburan awalnya jadi hal yang tricky bagi saya. And this might be one of the most difficult things buat orang-orang yang berprofesi sebagai pengusaha, blogger, atau lainnya yang menuntut diri untuk terus produktif walau lagi liburan. Butuh waktu nyaris tiga tahun buat saya menemukan cara untuk tetap produktif saat liburan. It's not easy, but here are my ultimate tips...

RPLF6917[1].JPG
WPDT0464[1].JPG

My Tips on Being Productive While Traveling

Buat jadwal spesifik. Membuat jadwal kegiatan harian untuk liburan mungkin terdengar membosankan sekali. Mau liburan, kok, pakai dijadwalin? But if you really want to be committed to work on the go, you have to do this—even if you hate it the most! Apalagi buat orang yang agak berantakan seperti saya, penting untuk membuat jadwal harian. Jadwalnya harus spesifik, jadi bisa benar-benar membagi waktu untuk bekerja dan menikmati liburan. And for me, it works every time!

Tulis daftar barang bawaan. Paling nyebelin kalau sudah sampai di negara orang, lalu baru sadar charging cable laptop ketinggalan di rumah. Hindari kecerobohan yang saya lakukan dengan membuat daftar barang bawaan, setidaknya seminggu sebelum pergi. Sertakan semua perlengkapan yang dibutuhkan, mulai pakaian, toiletries, sampai elektronik dan gawai untuk bekerja. Untuk yang terakhir, buat daftar yang spesifik hingga melingkup perlengkapan yang dibutuhkan alat-alat itu (kabel dan lainnya).

Pilih elektronik travel-friendly. Basically, hal ini dianjurkan untuk traveler in general. Tapi memilih elektronik yang mudah dibawa dan nggak ribet memang lebih efisien untuk mendukung agar tetap produktif saat liburan. Ketimbang membawa laptop, saya lebih suka membawa tablet dan papan ketik eksternal berkoneksi bluetooth. Saya pun mendingan membawa powerbank sebagai sumber daya semua gawai yang saya bawa, daripada membawa banyak stop kontak universal.

ABYT2630[1].JPG
YCWJ3827[1].JPG

Gunakan waktu perjalanan. Biasanya supaya bisa menghabiskan lebih banyak waktu untuk menikmati liburan, saya memaksimalkan produktivitas saat perjalanan ke destinasi tujuan—terutama jika mengendarai pesawat dan kereta. Lumayan, lho. Dari dua jam perjalanan saja, saya bisa memaksimalkan satu jam untuk fokus ke pekerjaan. Asal jangan lupa menyisakan waktu untuk beristirahat supaya tidak kelelahan saat tiba di tempat tujuan dan memulai liburan.

Rencanakan jauh hari. Jika memang berniat bekerja sembari liburan, saya akan membuat perencanaan ekstra jauh sebelum hari keberangkatan. Ini mengingat saya hendak melakukan dua kegiatan, yaitu liburan dan bekerja. Mulailah dari perencanaan yang berkenaan dengan liburan, seperti hotel (pilih yang menunjang untuk bekerja), budget, itinerary, dan lainnya. Untuk yang berkenaan dengan pekerjaan, planning yang dibuat bisa lebih pada menjadwalkan apa yang ingin dikerjakan selama liburan.


My Planning Kit

Buddy Books Custom Notebook. Belum lama ini saya mendapatkan buku jurnal baru dari lapak online yang saya temukan di Instagram, Buddy Books. Suka banget, terutama karena bukunya hasil request sendiri. Ukurannya pas, kualitas kertasnya oke, dan lembarannya polos (tidak bergaris).

Miniso Colorful Self-Adhesive Tape. Ini benar-benar membantu banget untuk memberi label pada barang-barang, atau simply buat jadi dekorasi kalau lagi iseng. Untuk planning barang bawaan, selotip ini sangat berguna buat menandai barang-barang yang perlu dibawa.

Typo Acrylic Stationery Set. Senang banget Typo sekarang ada di Indonesia! Pertama kali nemuin Typo di gerai Cotton On, saya mendapati satu set alat tulis ini mejeng. Langsung beli karena naksir sama warna-warnanya yang soft. Selain berguna, menggemaskan banget kalau difoto.

Casio My Style Colorful Calculator. Kalau ngomongin budget-planning, harus banget menyebutkan yang satu ini. Selain berguna sekali buat menghitung rencana pengeluaran dan anggaran, kalkulator ini juga penampakannya sangat menginspirasi untuk terus produktif.

AXCK3071[1].JPG
BZVR0813[1].JPG

Ngomong-ngomong soal kalkulator, Casio belum lama ini memang mengeluarkan My Style Colorful Calculator, yaitu seri kalkulator yang tampil dengan warna bervariasi. Ada 10 warna yang dihadirkan oleh Casio, and I love ALL of it! Dari warna netral seperti hitam dan putih, warna soft seperti pink dan biru terang, sampai warna shocking seperti fuschia, oranye, dan biru. Banyak banget, kan?

Nggak cuma berpenampilan stylish dan mood-boosting, Casio My Style juga memiliki spesifikasi yang useful banget. Termasuk di antaranya adalah kemampuan tax calculation dan time calculation. Casio My Style juga berfungsi dengan dua sumber tenaga, yaitu solar dan baterai. Semua spesifikasi itu lengkap ada dalam kalkulator portable yang berbadan kecil dan ringan!

Awal saya tertarik untuk memiliki Casio My Style Colorful Calculator, sempat bingung untuk memilih warnanya. Soalnya hampir semua warnanya saya suka dan rasanya ingin punya semua! Untung saja ada tes kepribadian ini, yang bisa ngasih tahu warna dari Casio My Style mana yang cocok dengan kepribadian. Menurut hasilnya, kepribadian saya mencirikan warna pink, which I think 99% true!

OMCY1864[1].JPG

Yang namanya bekerja saat liburan itu memang ribet. Makanya butuh perencanaan dan jadwal yang ribet, agar nanti saat praktiknya nggak jadi begitu ribet. Supaya tidak terasa ribet, buat perencanaan dengan menyenangkan, seperti menggunakan buku catatan favorit atau kalkulator nyentrik Casio My Style yang bikin semangat. Intinya, kalau ingin tetap produktif saat traveling, jangan lupa untuk bahagia. Tak ada salahnya bekerja ketika liburan, selama tetap ingat untuk bersenang-senang dan menikmatinya.

Lagi merencanakan liburan? Supaya lebih semangat dan produktif, get your own cute and mood-boosting Casio My Style Colorful Calculator! Gunakan kode promo CASIOBLOGCZ74Z93 untuk mendapatkan diskon 20% khusus pembelian Casio My Style di MatahariMall.com. Jangan lupa ikuti tes kepribadiannya kalau masih bingung pilih warna yang mana, ya! #CasioMyStyle


This post is a submission for a blog competition by CASIO, under the theme 'Little Things I Do to Boost My Mood & Productivity'. However, the opinion written is genuinely mine.

Sign-up to my bi-weekly newsletter (coming soon!) here, or follow me via Bloglovin here.