Travel, TipsRuth Vania Christine

On a Budget: How to Save Money When Traveling

Travel, TipsRuth Vania Christine
On a Budget: How to Save Money When Traveling

Liburan malah bikin bangkrut? Been there, done that, learnt the hard way…

Ibarat belanja, liburan atau pelesiran pun punya banyak cara untuk menguras isi dompet. Mau liburannya gratis juga, pasti banyak aja perintilan yang pada akhirnya membuat kita mengeluarkan uang. Dari hal besar seperti transportasi atau penginapan, sampai hal kecil seperti oleh-oleh. Sulit memang, sebab liburan dianggap sebagai waktu untuk memanjakan diri dengan momen yang menyenangkan. Ini yang kemudian membuat kita seringkali tak sungkan mengeluarkan rupiah demi rupiah untuk liburan. But it's not like we would love it if it robbed our bank account, right?

I know that we all deserve the best things in life, but there are things that you can actually do to save your holiday money and stay in the budget! Dari pengalaman saya sebagai seorang budget-traveler, saya punya beberapa tips dan trik untuk berhemat saat liburan. Tentunya kita sudah susah payah mengumpulkan pundi-pundi untuk biaya liburan, jadi kalau harus mengeluarkan lebih lagi, pasti rasanya gimana gitu, ya. Meskipun untuk senang-senang, the trip after all shouldn't leave you with the guilty feeling of overspending. So let's be happy without breaking the bank, shall we?

IMG-8195.JPG

Set your mind on traveling. Kalau memang niatnya adalah eksplorasi dan mengenal hal-hal baru, seriously, forget shopping. Bukannya saya melarang untuk berbelanja saat traveling (because I often do that), tapi mengingatkan untuk jangan hilang fokus. Prioritaskan pengeluaran untuk kebutuhan berwisata. I always pick the last day of my vacation to shop or buy souvenirs karena di hari itulah saya mengakhiri perjalanan. Jadi saya tinggal pakai sisa budget yang ada and stick to that.

Pre-book everything. Kemajuan teknologi sudah mempermudah kita untuk urusan booking—mulai dari penginapan, sampai atraksi wisata. Kalau bisa, sebelum pergi, book semua hal yang bisa di-book jauh hari. Keuntungan booking online biasanya adalah kemungkinan dapat promo. But the thing about booking early is it lets you pay everything in advance. Semua urusan pembiayaan bisa beres sejak sebelum kepergian, sehingga saat pergi nanti nggak perlu keluar uang lagi.

Read also - How to Make Your Next Trip Hassle-Free

Do your own research. Ini termasuk yang paling penting: cari tahu terlebih dahulu semua hal tentang perjalanan yang akan dilakukan. Jadi saat pergi nanti, nggak perlu bingung dan salah ambil keputusan, yang bisa berujung pada borosnya pengeluaran. Have the necessary maps. Look for free activities and attractions. Pick the right commuting pass or card. Buat itinerary yang efisien. Intinya, cek apa saja yang bisa dilakukan untuk menghemat pengeluaran selama bepergian.

Stay near the public transportation or tourist destinations. Menurut saya nggak ada gunanya booking penginapan murah tapi jauh dari akses transportasi umum atau destinasi wisata. Karena saya tahu kalau saya bakal banyak bepergian. So better pick accommodations close to stations, buses, or destinations that you’re planning to visit. Jika dekat dengan destinasi, malah bisa lebih hemat lagi karena tidak perlu keluar banyak uang untuk transportasi. Tinggal jalan kaki.

IMG-8192.JPG

Don't pick the best room. Kalau tujuannya bukan untuk staycation, menyewa kamar mewah dengan fasilitas ekstra saya rasa nggak penting. Again, saya akan banyak bepergian, and I don’t think I would be much in the room besides sleeping at night. Apalagi kalau traveling, saya suka bangun subuh untuk mengejar agenda yang padat. Pilih akomodasi yang sesuai dengan kebutuhan saja. Kalau saya biasanya cukup ada tempat tidur, kamar mandi, dan dapur yang bersih.

Dine-in and cook yourself. Paling tidak sekali dalam sehari cook your own meal. Belanja bahan-bahannya di supermarket dan bikin masakan simpel, yang penting mengenyangkan. Kalau nggak bisa masak, bisa pakai trik saya: beli lauk yang sudah diolah atau mudah diolah dan beras/kentang. Kadang kalau lagi nggak capek, saya pun bawa bekal buat makan siang. Bukannya pelit, kadang saking banyaknya tempat yang mau dikunjungi, suka bingung mau makan di mana. Kalau sudah punya bekal, nggak perlu pusing mikirin makan, kan?

Read also - Being Productive While Traveling: My Ultimate Tips

Shop local. Kalau memang kepingin beli oleh-oleh atau souvenir, sebaiknya pilih toko-toko kecil, pasar, atau tempat usaha warga lokal. Selain harganya jauh lebih murah (dan lebih besar kemungkinannya untuk bisa ditawar), produk-produknya biasanya lebih unik dan berkualitas—apalagi yang handmade. Shop locally juga bisa membangun perekonomian warga setempat, so at least you can contribute something for the people.

Do a group trip. Mungkin terdengar lebih ribet, tapi dari segi biaya bepergian ramai-ramai itu lebih hemat ketimbang sendiri. Simply karena jadi bisa patungan untuk banyak hal—akomodasi, misalnya. Sewa unit lewat AirBnB akan lebih hemat jika traveling with a big group. You can even afford a nice apartment in the city center! Jadi coba ajak teman atau saudara untuk liburan bareng!

21827502_153816235206285_4532652572867035136_n.jpg

What are your tips on staying in the budget when traveling?

Sign-up to my bi-weekly newsletter (coming soon!) here, or follow me via Bloglovin here.