Simple Workspace Refresh to Increase Mood and Productivity

Let's make that stressful space to be less boring...

ruthvcp-casio-my-style-colorful-calculator-1.JPG

Secinta dan sesuka apapun kita sama pekerjaan, baik yang bekerja di rumah atau di kantor, tetap saja nggak bakal jauh dari rasa jenuh dan stres. Apalagi kalau pekerjaannya relatif fleksibel dan santai. Bosan sedikit saja, mood kerja bisa langsung drop dan malas untuk mengerjakan apapun. Berprofesi sebagai seorang penerjemah yang merangkap jurnalis, saya memang punya working hours yang fleksibel. Tapi saking santainya, terkadang saya malah jadi bosan dan nggak mood untuk bekerja. Ditambah lagi jarang libur (curhat sedikit), membuat jadi makin stres dan kurang produktif.

Berbekal inspirasi dari beberapa artikel blog yang saya temukan di Pinterest, saya akhirnya tertarik untuk mencoba trik workspace refresh. Intinya adalah mengubah penampilan area kerja demi menghilangkan (atau setidaknya mengurangi) kejenuhan dan tekanan yang dialami penggunanya. Selain gampang untuk dilakukan, workspace refresh ternyata juga ngaruh banget! Sesimpel melakukan hal-hal berikut ini saja, mood untuk bekerja dan produktivitas saya jadi lebih baik...

ruthvcp-casio-my-style-colorful-calculator-2.JPG

How to Refresh Your Workspace… The Simple Way

Gunakan tanaman. Ngeliatin tanaman hijau memang selalu jadi andalan saya untuk mengusir stres saat bekerja. Menurut saya, menambahkan tanaman hijau adalah cara tersimpel untuk menjadikan area kerja lebih segar. Apalagi jika memilih tanaman hidup, yang nggak cuma menyegarkan penampilan, tapi juga menyegarkan udara dan aura di area kerja. Untuk yang bekerja di depan layar komputer, memandang tanaman hijau pun menyehatkan mata, lho. Lumayan untuk menghindari mata rabun jauh...

Pilih yang nyaman. Seringkali yang membuat nggak mood adalah tempat bekerja yang kurang nyaman. Entah kursi yang bikin sakit punggung kalau kelamaan duduk, atau meja yang terlalu rendah dan membuat leher sakit. Ingat, area kerja merupakan tempat di mana waktu banyak dihabiskan dalam sehari. Jadi penting untuk membuatnya senyaman mungkin. Misalnya, mengganti kursi dengan yang lebih nyaman dan mengatur meja atau posisi duduk agar lebih enak buat badan. Hitung-hitung demi kesehatan, kan?

Utamakan rapi dan minimalis. Kerjaan lagi ribet dan meja kerja dalam keadaan chaos, gimana nggak stres? Mengatur penampilan area kerja memang urusan personal, tapi penting untuk selalu menjaga kerapiannya. Kalau meja rapi dan semua peralatan ter-organize, kepala bisa lebih fokus dan lebih jernih dalam berpikir. Saya juga lebih suka area kerja saya terlihat praktis dan minimalis. Paling benci ngeliat meja penuh barang dan selalu menyisakan space kosong di meja supaya area kerja jadi terasa lebih lega.

Motivasi diri lewat pajangan. Coba tanya pada diri sendiri: apa yang memotivasi saya untuk bekerja? Keluarga di rumah? Liburan impian ke Paris? Cicilan tempat tinggal idaman? Kata-kata mutiara yang ngena sama filosofi hidup? Tampilkan para motivator itu di sekitar area kerja untuk jadi penyemangat, hias dengan bingkai atau tempel secara rapi dan estetis.

ruthvcp-casio-my-style-colorful-calculator-3.JPG

Dekati jendela. Menurut sebuah penelitian, pencahayaan alami (terutama dari sinar matahari) bisa meningkatkan produktivitas dan mood bekerja, lho. Jadi jika memungkinkan, pilih area kerja yang dekat dengan jendela. The bigger, the better! Dekat dengan jendela juga bisa ngasih pemandangan ke luar ruangan. Meski pemandangannya tidak seindah yang diharapkan, semisal sekadar lapangan parkir (who's with me?), setidaknya ada langit yang masih layak dipandangi kalau bosan mulai menyerang...

Tambah sentuhan personal. Secara profesional, saya memang seorang jurnalis. Tapi meja saya nggak harus diisi dengan benda-benda yang berhubungan dengan menulis saja, kan? Karena saya juga adalah seorang penyuka musik dan bunga, maka saya pun menyelipkan sedikit benda-benda yang membuat saya happy, seperti pengeras suara untuk mendengarkan musik dan bunga artificial yang berwarna-warni. Intinya, hadirkan sisi personal di area kerja supaya nggak lupa untuk bahagia.

Percantik dengan motif dan warna. Meski jadi pecinta layout monokrom dan minimalis, saya selalu percaya kalau mencampurkan sedikit elemen berwarna atau bermotif "berani" itu penting. Apalagi untuk area kerja, bermain dengan warna cerah bisa membangkitkan mood banget. Itu sebabnya saya menghadirkan balon huruf kuning dan bunga warna-warni. My latest favorite purchase is this funky fuschia calculator from Casio yang membuat meja saya makin terlihat menyenangkan!

ruthvcp-casio-my-style-colorful-calculator-4.JPG
ruthvcp-casio-my-style-colorful-calculator-5.JPG
ruthvcp-casio-my-style-colorful-calculator-6.JPG

Setelah ditodong pertanyaan "itu kalkulator apa?" dan "beli di mana?" oleh banyak teman di kantor sejak kalkulator itu mejeng di meja kerja, saya sepertinya harus secara khusus mengapresiasi produk  tersebut. Jadi, Casio belum lama ini mengeluarkan My Style Colorful Calculator, yaitu seri kalkulator yang tampil dengan warna bervariasi. Totalnya ada 10 warna dan jujur, semuanya super cute!

As a calculator, Casio My Style ini punya satu spesifikasi yang menurut saya cukup unik: solar and battery powered. Nggak perlu lagi ribet dengan gonta-ganti baterai karena bisa pakai tenaga cahaya! Tidak hanya itu, even being small and portable, Casio My Style juga bisa tax calculation dan time calculation, kemampuan yang biasanya cuma didapat pada kalkulator-kalkulator berukuran lebih besar dan sophisticated. Praktis banget, kan?

Dan untuk kalian yang begitu melihat varian Casio My Style Colorful Calculator langsung teriak, "OMG, they're so cute I'm gonna dieee!", dan kepingin punya tapi bingung mau pilih warna yang mana (kalau bisa, sih, semua ya?)... take the personality test! Tinggal ke sini dan cek warna dari Casio My Style mana yang cocok dengan kepribadian. (P.S. Kalau hasil tes saya warna pink... 99% tepat!)

ruthvcp-casio-my-style-colorful-calculator-7.JPG
ruthvcp-casio-my-style-colorful-calculator-8.JPG

Sembari masih di awal tahun baru 2018, belum terlambat untuk hit that refresh button dan membuka diri pada kesempatan-kesempatan baru dengan menjadi lebih semangat dan produktif. Satu cara simpelnya adalah melakukan workspace refresh, yang penting banget untuk dilakukan oleh para pekerja, baik kantoran dan rumahan. Ingat, di kala pekerjaan mulai membuat jemu, jangan pernah remehkan kekuatan hal-hal kecil seperti tanaman hijau atau sentuhan warna nyentrik yang menyenangkan dari Casio My Style Colorful Calculator di meja kerja!

Tertarik untuk mencoba workspace refresh? You can start by investing in the funky and mood-boosting Casio My Style Colorful Calculator! Gunakan kode promo CASIOBLOGCZ74Z93 untuk mendapatkan diskon 20% khusus pembelian Casio My Style di MatahariMall.com. Jangan lupa ikuti tes kepribadiannya kalau masih bingung pilih warna yang mana, ya! #CasioMyStyle


This post is a submission for a blog competition by CASIO, under the theme 'Little Things I Do to Boost My Mood & Productivity'. However, the opinion written is genuinely mine.

 

Sign-up to my bi-weekly newsletter (coming soon!) here, or follow me via Bloglovin here.