Best Family Destinations in Singapore

Best Family Destinations in Singapore

Udah jadi rahasia umum bahwa Singapura adalah salah satu destinasi wisata yang ramah keluarga di Asia. Sebut saja beberapa objek wisatanya yang sudah populer sebagai the best family attractions: Universal Studios, KidZania... you name it.

Selain itu, Singapura juga punya fasilitas-fasilitas yang family-friendly. Beberapa di antaranya adalah sistem transportasi umum yang mumpuni dan fasilitas umum yang informatif. Pokoknya menurut saya Singapura itu cocok banget untuk jadi destinasi wisata segala umur. Udah gitu negara ini secara geografis lokasinya sangat dekat dengan Indonesia. Nggak heran kalau Singapura seringkali jadi pilihan holiday-on-a-budget keluarga.

Related post - Singapore: What I Did in 3 Days

Terakhir kali saya ke Singapura 2016 lalu, atas undangan dari Singapore Tourism Board untuk mengunjungi rekomendasi destinasi wisata keluarga di Singapura. Saya, yang saat itu masih berprofesi sebagai jurnalis, pergi bersama awak media lain dan rombongan keluarga Dwi Sasono. Mas Dwi, Mbak Widi Mulia, dan tiga anaknya (Dru, Widuri, dan Den Bagus) ceritanya jadi model family sekaligus influencers yang mempromosikan destinasi-destinasi itu. Artikel terkait trip ini sudah pernah dipublikasikan oleh portal media tempat saya bekerja, but then I thought, why don’t I share it here too? Berbekal dari pengalaman saya tersebut (juga opini saya dan rekomendasi terpercaya), berikut adalah the best family destinations in Singapore yang patut dikunjungi.


family destination singapore, ruthvcp.jpg

KidZania Singapore

Pastinya nama KidZania sudah nggak asing lagi di telinga sebagai playground interaktif yang sudah jadi favorit banyak anak. Di taman bermain yang berlokasi di Pulau Sentosa ini, anak-anak bisa role-playing dan mencicipi pengalaman berbagai profesi: dari polisi, baker, peneliti, sampai jurnalis! Sewaktu meliput, saya berkesempatan untuk menjadi pilot di pesawat Boeing 737 sungguhan yang ada di sana. Seru banget karena di dalamnya saya bisa merasakan pengalaman mengoperasikan simulator Airbus 380 dan Boeing 787!

Image credit: thechillmom.com

family destination singapore, ruthvcp (4).jpg

Gardens by the Bay

Kalau ke sini, bersiap dibuat terpukau sama Supertrees dan tamannya yang sangat futuristik! Harus banget nyobain jalan-jalan di OCBC Skyway-nya untuk mendapatkan pemandangan aerial keseluruhan taman, juga ngeliat Cloud Forest. Jika kepingin foto-foto, better datang saat hari masih terang. But honestly, this magnificent park is more wonderful in the dark, karena bakal glowing dengan lampu berwarna-warni! Lokasinya tepat di seberang Marina Bay Sands. Biaya masuk per orang untuk dewasa dan manula adalah SGD 28, sedangkan anak SGD 15.

Image credit: traveller.com.au

family destination singapore, ruthvcp (3).jpg

Universal Studio Singapore

Taman bermain tematik ini sudah jadi destinasi keluarga yang sangat populer. Sayangnya, saya belum pernah ke sini (tapi pingin banget, hehe). However, keluarga Sasono berkesempatan ke sini and the kids told me that they really enjoyed it! Berlokasi di Pulau Sentosa, Universal Studios Singapore punya lebih dari 20 wahana bermain dan atraksi pertunjukan bertema Hollywood. Harga tiket terusan satu hari untuk dewasa (13-59 tahun) adalah SGD 76, sedangkan anak usia 4-12 tahun SGD 56.

Image credit: Planet Rovers

Related post - First Cruise Ship Experience: Getting On SuperStar Gemini

family destination singapore, ruthvcp (2).jpg

Arteastiq Boutique Tea House

Ini adalah salah satu destinasi keluarga favorit saya di Singapura! Aslinya Arteastiq yang berlokasi di Plaza Singapura ini adalah sebuah tea house dan bar, tapi juga merangkap art house. Selain bisa menikmati racikan teh dan varian makanannya yang jempolan, di sini kita juga bisa mencoba art-jamming dan berkreasi di atas kanvas. Sembari nunggu hidangan sampai di meja, bisa melipir ke ruangan melukis yang sudah disediakan. Asyiknya lagi, lukisan yang sudah kita buat bisa dibawa pulang!

Image credit: lessonsgowhere.com.sg

family destination singapore, ruthvcp (5).jpg

ArtScience Museum

So far, this is my most favorite place in Singapore. Saya sudah cerita di sini tentang apa saja yang menjadi kesenangan saya di museum futuristik ini. Anak-anak pasti suka dengan mainan engklek digital Create! Hopscotch for Geniuses dan Sketch Aquarium, di mana anak-anak bisa memasukkan makhluk air kreasinya ke akuarium digital raksasa. ArtScience Museum berlokasi di kompleks Marina Bay Sands. Harga tiket satu pameran untuk dewasa adalah SGD 19 dan lansia/pelajar SGD 14. Untuk keluarga dengan dua dewasa dan dua anak, ada harga khusus senilai SGD 54.

Image credit: Singapore Motherhood

family destination singapore, ruthvcp (6).jpg

Science Centre Singapore

Lagi-lagi destinasi keluarga dengan wahana dan atraksi yang mengedukasi. Science Centre Singapore ini kurang lebih seperti PP-IPTEK di TMII, tapi menurut saya exhibition-nya lebih beragam, interaktif, dan modern. Di sini juga ada Omni-Theatre dan Snow City untuk nyobain salju! Pokoknya Science Centre ini memang jadi destinasi edukasi yang family-centric, jadi nggak perlu ragu untuk ke sini. Lokasinya di daerah Jurong East, harga tiket masuk (tidak termasuk Omni-Theatre dan Snow City) untuk dewasa dan lansia adalah SGD 12, sedangkan anak SGD 8.

Image credit: flickr.com

Related post - Quirky Stay at Quincy Hotel Singapore

family destination singapore, ruthvcp (7).jpg

S.E.A. Aquarium

Saya juga belum berkesempatan ke sini, cuma udah lihat banyak rekomendasi. Well, SeaWorld Ancol aja cukup digandrungi pengunjung berkeluarga, gimana lagi akuarium kedua terbesar dunia di Pulau Sentosa ini. S.E.A. Aquarium menawarkan banyak kegiatan untuk mengenal biota air, dari tur sampai program menyelam. Untuk keluarga, various promo packages are offered, like family annual pass bundle and others. Untuk tiket masuk, dewasa dikenakan harga SGD 39 (13-59 tahun), sedangkan anak (4-12 tahun) dan lansia (60 tahun ke atas) SGD 29.

Image credit: HiPPO Singapore Pass

family destination singapore, ruthvcp (8).jpg

Marine Cove Playground

Jangankan anak-anak, saya saja suka banget sama tempat ini! Marine Cove adalah taman bermain outdoor untuk segala umur yang berlokasi di East Coast Park. Areanya luas banget dan wahana bermain yang disediakan sangat bermacam. Pokoknya dijamin seru, deh, kalau ke sini sama keluarga! Nggak bakalan bosan dan gratis! Sayang aja tempat ini jarang direkomendasi untuk dikunjungi keluarga-keluarga yang melancong ke Singapura. So I thank STB for introducing me to this place! Sebelumnya, saya sudah sedikit me-review tempat ini di sini.

Image credit: bca.gov.sg

family destination singapore, ruthvcp (9).jpg

Mount Faber & Henderson Waves

Kalau ingin rekomendasi destinasi yang bisa menikmati keindahan alam atau pemandangan kota, pilihan terbaik menurut saya adalah Mount Faber. And the best way to enjoy it is by getting on the cable car. Di Mount Faber Park, berbagai aktivitas bisa dilakukan, salah satunya sight-seeing. The park also offers some lovely walks to Henderson Waves, semacam jembatan skywalk dengan arsitektur unik menyerupai ombak. Saya belum pernah jalan sampai ke Henderson Waves-nya, tapi tempat itu sempat direkomendasi sama Kaesang, anak Pak Jokowi.

Image credit: pantip.com

Related post - The Best and Recommended Halal Food in Singapore


Have you ever been to one of these destinations? Tell me what you think!

Sign-up to my bi-weekly newsletter (coming soon!) here, or follow me via Bloglovin here.