Harbolnas 2017: A Guide to Go On an Online Shopping Spree

 Credit:  negativespace.co

Harbolnas is back and it's time to flex my shopping muscles! Semakin mendekati penghujung 2017, diskon atau potongan harga sudah semakin ramai ditawarkan. Mulai dari penawaran diskon akhir tahun, akhir musim, Hari Natal, dan lainnya. Tapi, Hari Belanja Online Nasional, ajang besar di mana penawaran diskon dan lainnya bakal ngumpul, adalah yang paling saya tunggu-tunggu. Soalnya, Harbolnas nggak hanya bikin saya bisa mendapatkan harga-harga bagus di toko-toko online favorit saya, tapi juga mendapatkan barang-barang impian saya.

Karena ajang tersebut paling saya nantikan, saya sudah melakukan persiapan untuk mengikutinya. Banyaknya penawaran diskon dan lainnya (I mean, hello 90% off midnight sale and discount voucher up to Rp 700k at ShopBack!) seringkali membuat online shoppers seperti saya gegabah dalam berbelanja. Gara-gara kalap ngeborong, jadi kurang berhati-hati. Padahal, belanja online butuh kecermatan, lho, untuk menghindari boros karena beli barang yang nggak dibutuhkan dan jebakan penjual online yang menipuJadi, untuk menghadapi ajang diskonan besar kayak Harbolnas, saya biasanya melakukan ini...

 Credit: Pexel/ Daria Shevtsova

Credit: Pexel/Daria Shevtsova

 Credit:  JESHOOTS.com

Credit: JESHOOTS.com

Sebelum Belanja


Tentukan barang yang ingin dibeli

Bisa di-list terlebih dahulu, lalu diurutkan sesuai prioritas atau kebutuhan. Daftar ini nantinya bisa dijadikan untuk membatasi diri waktu berbelanja, supaya nggak kalap dan ingat untuk stick to the list. Saat bikin daftar, saya juga biasanya sekalian lihat-lihat di merchant online yang bakal saya tuju untuk belanja. Selain cari inspirasi soal barang yang diinginkan, saya sekalian membiasakan mata sama barang dan penawaran yang ada, supaya nantinya nggak kaget dan kalap.

Bandingkan harga

Setelah saya membuat daftar barang yang ingin dibeli, saya selalu googling harga-harga barang tersebut. Tujuannya biar tahu rata-rata harga masing-masing barang. Jadi, saya nggak termakan jebakan penjual atau lapak penipu yang suka menjebak dengan banting harga. Dengan tahu harga barang-barang yang diinginkan, saya juga jadi bisa menyiapkan budget untuk belanja nanti.

Cek promo-promo terkait

Karena Harbolnas merupakan ajang senasional, bakalan banyak promo yang ditawarkan. Pantau situs-situs marketplace atau merchant online favorit dan bank yang digunakan. Biasanya, banyak bank yang bekerjasama dengan marketplace online atau e-commerce lain dalam rangka Harbolnas. Cek juga apakah promo-promo tersebut dapat digabungkan dengan promo lainnya.

Kumpulkan kode-kode promo

Banyak penawaran menarik yang diberikan dalam bentuk kode promo, yang nantinya tinggal di-submit saat bertransaksi. Saya biasanya membuat daftar khusus di Notes ponsel saya untuk menyimpan kode-kode promo seperti itu, agar tidak perlu sibuk mencari lagi ketika belanja nanti.

Saat Belanja


Pilih penjual atau lapak high-rated

Saat berbelanja online, selalu pilih penjual atau lapak yang memiliki review, rating, dan komentar positif. Sebab, penjual atau lapak yang demikian biasanya pelayanannya bagus dan terpercaya. Cek juga apakah harga barang yang ditawarkan lumrah dan apakah penjual atau lapak sudah lama terdaftar di marketplace online yang dituju.

Belanja lewat situs e-commerce penyedia layanan cashback

Yang kayak begini bakal sangat menguntungkan saat berbelanja online. Soalnya, tanpa promo saja sudah dapat pengembalian uang, gimana lagi kalau sudah ditambah promo-promo Harbolnas lainnya. Selain itu, pengguna situs juga dihubungkan langsung ke merchant-nya. Nggak perlu lagi repot akses banyak situs untuk belanja, cukup melalui satu situs saja. Soal belanja cashback, saya suka belanja lewat ShopBack.

 Credit:  stokpic.com

Credit: stokpic.com

 Credit:  pixabay.com  (edited)

Credit: pixabay.com (edited)

Supaya lebih cermat dan hemat dalam berbelanja, ShopBack bisa jadi andalan. Soalnya, situs ini mendekatkan penggunanya ke 300 merchant online plus berbagai penawaran yang diberikan merchant-merchant tersebut. Belum lagi di-double sama cashback yang otomatis bakal didapatkan tiap berbelanja lewat ShopBackIt means, saya belanja dan dapatin uang saya kembali. Hematnya bisa jadi berkali-kali lipat. Now, how cool is that?

Dengan belanja melalui satu situs macam ShopBack saja, saya bisa mengakses ratusan toko dan promo-promonya. Nggak bakal ketinggalan, deh, saya sama penawaran-penawaran bagus dari berbagai merchant online favorit saya. Ibarat berkunjung ke sebuah rumah, tinggal buka satu pintu, saya sudah bisa mengakses banyak ruangan di rumah tersebut. Gampangnya lagi, ShopBack sudah punya aplikasi khusus untuk ponsel pintar Apple dan Android, yang bikin belanja lebih nyaman. Sambil tiduran juga bisyaaa...

Caranya pun tidak sulit, kok. Tinggal akses ShopBack melalui gadget, lalu klik merchant pilihan. Nanti ShopBack akan mengarahkan langsung ke situs merchant pilihan dan tinggal belanja aja seperti biasa di situs merchant tersebut. Jika sudah melakukan transaksi pembayaran, dalam waktu 48 jam cashback akan masuk akun ShopBack pribadi. Cashback bisa ditarik jika jumlahnya sudah mencapai batas minimum penarikan (Rp 50 ribu untuk penarikan via transfer bank, Rp 25 ribu untuk penarikan via pulsa) dan divalidasi oleh merchant.

 Credit: Element5 Digital

Credit: Element5 Digital

Harbolnas memang jadi yang paling ditunggu oleh para shopaholic dan pemburu barang diskonan. Tapi, penting untuk tetap cermat dan hemat dalam berbelanja, apalagi saat mengincar barang-barang impian. Buat saya, persiapan perlu dilakukan sebelum belanja nanti, supaya saat belanja tidak gegabah dan kalap. Agar lebih mudah, bisa coba pakai situs atau aplikasi khusus seperti ShopBack.


This post is a submission for a blog competition by ShopBack, under the theme 'Kamu Meminta, ShopBack Kabulkan 2017'. However, the opinion written is genuinely mine.