How to Make the Perfect Coffee for Cold Weather

How to Make the Perfect Coffee for Cold Weather
 Credit:  pixabay.com  (edited)

Credit: pixabay.com (edited)


Musim hujan membuat hari-hari di Desember ini cenderung dingin, so a cup of warm drink would always make extra sense. Sejujurnya, saya sangat suka cuaca dingin, sebab itu membuat saya jadi punya alasan untuk menikmati mewahnya kehangatan. Meringkuk di balik selimut, mengenakan sweater favorit, dan menikmati minuman atau makanan hangat. Tinggal di daerah tropis dan cenderung gerah seperti Jakarta memang membuat saya jarang menikmati betul hal-hal seperti itu.

Di musim hujan begini bagi saya tidak ada yang mengalahkan enaknya sensasi menyeruput segelas kopi hangat. Minuman kopi favorit saya adalah kopi susu, yang buat saya sempurna untuk menikmati cuaca dingin. Ngomongin kopi susu, minuman tersebut memang lagi naik daun, gara-gara banyak toko kopi dan kafe kekinian yang menawarkan berbagai racikan kopi susu yang high-rated. Tapi, kopi susu enak nggak cuma ada di toko kopi atau kafe, kok. You can even have it right from your own kitchen! Caranya juga mudah, seperti yang biasa saya buat di rumah...

IMG_4553.JPG

Kopi Susu Kafe ALA Rumahan

  • 1 bungkus kecil minuman serbuk kopi dan susu (atau campuran kopi bubuk biasa, brown sugar, dan krimer)
  • 1 pak minuman susu UHT rasa kelapa muda
  • 1 pak minuman susu UHT full cream
  • Air panas mendidih secukupnya
  • 2 gelas atau cangkir
  • 1 sendok
  • Es batu (untuk penyajian dingin)

Cara membuat: Di gelas pertama, racik segelas kopi instan seperti biasa, menggunakan serbuk kopi susu dan air panas mendidih setengah gelas. Di gelas kedua, campurkan susu full cream dan kelapa muda dengan rasio 50:50, cukup sampai atau kurang dari setengah gelas. Setelah itu, masukkan racikan kopi ke dalam campuran susu. Menggunakan sendok, aduk sampai warna menjadi cokelat muda. Tambah es batu jika ingin disajikan dingin.

Tips dan rekomendasi: Untuk susu, saya biasanya menggunakan susu kemasan merek apapun karena rasanya sama saja, yang penting susu UHT. Campuran susu bisa ditakar sesuai selera, yang jelas semakin banyak susu akan membuat kopi susu semakin manis dan kental. Untuk kopi, saya biasanya menggunakan dan merekomendasikan Kapal Api Kopi Susu yang jelas lebih enak.

IMG_4552.JPG

Soal kopi, saya memang hanya cocok dengan kopi Kapal Api. Saya dan keluarga sebetulnya sudah lama jadi penggemar setia kopi Kapal Api. Di lemari dapur rumah, Kapal Api Special kemasan ekonomis selalu tersedia untuk kebutuhan seduh-menyeduh di pagi hari. Kalau saya lebih menyukai varian Kapal Api Kopi Susu kemasan bungkus kecil (sachet), yang lebih mudah disimpan di laci meja kantor dan dibawa jika traveling.

Saat cuaca dingin, saya paling suka menikmati minuman hangat yang nggak terlalu manis. Kapal Api Kopi Susu menurut saya sudah jadi yang paling sempurna untuk menikmati cuaca seperi itu. Cita rasa campuran kopi susunya cocok banget dengan selera saya, yang nggak suka kopi pahit dan nggak begitu manis. Nggak perlu lagi menambahkan gula dan krimer, atau menakar bubuk kopi untuk mengatur rasa. Hasil seduhannya juga kental, baik untuk penyajian hangat dan dingin. Jadi aroma dan rasanya jelas lebih enak.

Berkat biji kopi pilihan dan proses pembuatan yang diawasi ketat, produk-produk kopi Kapal Api jadi selalu konsisten kualitasnya. Apa yang membuat Kapal Api Special cocok sama ayah dan ibu saya, itu juga yang membuat Kapal Api Kopi Susu cocok sama saya, meski kopinya berbeda varian. Dari aroma hingga rasanya, dari dulu hingga sekarang, tetap jelas lebih enak. Gimana nggak perfect kopi Kapal Api untuk dinikmati di cuaca dingin?

IMG_4554.JPG

Buat saya, it's important to have your favorite coffee as a companion for the cold weather, because you deserve the perfect moment to enjoy it. Kalau sudah ada segelas kopi yang jelas lebih enak di tangan, semua bakal lebih nikmat. Rasa dingin hilang, stres juga hilang. Bisa lebih nyaman dan konsentrasi ketika menjalani hari, terutama untuk bekerja atau belajar.

What's the perfect beverage for you to enjoy during cold weather?


This post is a submission for a blog competition by Kapal Api, under the theme '#KapalApiPunyaCerita'. However, the opinion written is genuinely mine.

Sign-up to my bi-weekly newsletter (coming soon!) here, or follow me via Bloglovin here.